alexametrics

Bisakah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Air Mata? Begini Penjelasan dari Pakar

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Bisakah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Air Mata? Begini Penjelasan dari Pakar
Ilustarasi virus corona Covid-19 (pixabay)

Virus corona Covid-19 terus bermutasi, sehingga selalu ada cara penularan virus corona yang baru.

Suara.com - Virus corona Covid-19 adalah penyakit menular pada sistem pernapasan bagian atas. Sehingga, virus corona Covid-19 ini akan menular melalui tetesan cairan pernapasan ketika orang yang terinfeksi bersin, batuk atau berbicara.

Tapi, virus corona Covid-19 ini terus bermutasi dan berevolusi. Banyak cara penularan yang baru. Penelitian terbaru menemukan bahwa virus corona Covid-19 tidak hanya menular melalui tetesan cairan tubuh ketika bersin atau batuk.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Government Medical College Amritsar telah menemukan bahwa air mata berpotensi menularkan virus corona Covid-19 pada orang sehat.

Menurut penelitian baru dilansir dari Times of India, para ahli telah menemukan sampel yang dikumpulkan dan diuji untuk mengetahui penularan virus corona Covid-19 menunjukkan 1,75 persen kasus virus corona ditularkan melalui air mata.

Baca Juga: Selain 5M, Ini Dua Cara Agar Bisa Terhindar dari Virus Corona Varian Delta

Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengevaluasi keberadaan virus corona pada air mata pasien Covid-19 yang terinfeksi, bahkan jika mereka tidak menunjukkan manifestasi ocular.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Ophthalmology mengungkapkan bahwa virus corona Covid-19 bisa menular melalui air mata.

Berdasarkan temuan baru ini, para ahli juga memperingatkan bahwa masih ada kemungkinan cara penularan virus corona yang lebih baru dan lain sehingga perlu diwaspadai.

Karena itu, ahli kacamata, dokter mata, dan orang-orang yang bekerja di bidang kecantikan perlu mewaspadai risiko penularan virus corona Covid-19 ini melalui mata.

Meskipun hanya ada sedikit penelitian yang mengindikasikan penularan virus corona melalui air mata, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ada berbagai jenis virus yang terperangkap di mata.

Baca Juga: Bukan dari Laboratorium, Peneliti Temukan Skenario Asal Usul Virus Corona

Para ahli menyarankan bahwa jaringan bening yang menutupi area putih mata dan garis bagian dalam kelopak mata dapat terinfeksi oleh virus flu biasa dan herpes.

Komentar