5 Penyebab Haid Tidak Lancar yang Paling Umum

Rifan Aditya
5 Penyebab Haid Tidak Lancar yang Paling Umum
Penyebab haid tidak lancar - Ilustrasi perempuan sedang haid, PMS. (Shutterstock)

Banyak hal bisa jadi penyebab haid tidak lancar atau tidak memiliki siklus yang tetap.

Suara.com - Haid merupakan hal wajar yang terjadi pada kaum perempuan, dan biasanya memiliki siklus yang rutin. Namun demikian, siklus menstruasi ini juga terkadang terganggu. Banyak hal bisa jadi penyebab haid tidak lancar atau tidak memiliki siklus yang tetap.

Sebagai pengetahuan umum, berikut beberapa penyebab haid tidak lancar yang bisa kami sampaikan. Sebagai disclaimer, poin yang tersaji dalam artikel ini berupa kecenderungan pada banyak perempuan, dan bukan berarti pasti terjadi.

1. Terjadinya Menopause Dini

Perimenopause biasanya terjadi antara 2 sampai 8 tahun menjelang masa menopause. Di fase ini, haid biasanya mulai tak lancar dan berjarak tak pasti.

Baca Juga: Muak dengan Orang-orang Toxic, Ini 4 Langkah Menghindari Mereka

Kebanyakan kaum wanita masuk ke fasi ini pada usia 45 sampai 55 tahun. Namun pada beberapa orang, ada juga yang terdeteksi mengalami fase ini di usia 40 tahun kebawah.

2. Pengaruh Penggunaan Alat Kontrasepsi

Ilustrasi pil KB. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi pil KB. (Sumber: Shutterstock)

Salah satu alat kontrasepsi yang jadi penyebab haid tidak lancar adalah pil KB. Hal ini disebabkan karena pil ini mengandung hormon estrogen dan progestin, yang bisa mencegah ovarium melepaskan sel telur.

Biasanya, tidak lancarnya haid akan mulai terjadi setelah mengkonsumsi pil ini, dan berangsur kembali ke siklus semula setelah 5 atau 6 bulan.

3. Stres Berlebih

Baca Juga: Seleb Tiktok ini Diduga Mengidap Penyakit Ain, Begini Kronologisnya!

Ilustrasi stres kerja (pexels/Andrea Piacquadio).
Ilustrasi stres kerja (pexels/Andrea Piacquadio).

Stres berlebihan yang dialami seorang perempuan bisa jadi penyebab haid tidak lancar berikutnya. Ketika merasakan stres terlalu berat, terjadi perubahan hormon dan hipotalamus yang merupakan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi. Tak heran, jika tidak lancarnya haid bisa sangat dipengaruhi oleh kondisi mental seseorang.