alexametrics

Dua Masalah Kesehatan Umum Akibat Bekerja Berlebihan

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Dua Masalah Kesehatan Umum Akibat Bekerja Berlebihan
Ilustrasi Stres (freepik)

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dunia terpaksa melakukan banyak kegiatan dari rumah termasuk bekerja dari rumah.

Suara.com - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dunia terpaksa melakukan banyak kegiatan dari rumah termasuk bekerja dari rumah.

Meski terdengar nyaman, tetapi faktanya jam kerja yang panjang serta tekanan yang bertambah karena pilihan bekerja dari rumah dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan.

Melansir Times of India, dari beberapa kasus, bekerja secara berlebihan tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan ringan bahkan sampai bisa menyebabkan kematian.

Mengapa bisa begitu? Dua bukti dari penelitian Organisasi Kesehatan Dunia WHO mencoba membuktikan lewat penjelasan berikut.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental, Hindari Lima Kebiasaan Buruk Berikut

Peningkatan kematian pada karyawan
Menurut studi yang dilakukan oleh WHO dan Organisasi Buruh Internasional ILO, terjadi peningkatakan kematian sebesar 29 persen di 194 negara. Hal ini terjadi akibat tekanan kerja yang berlebihan, serta jam kerja yang panjang.

Perusahaan juga menuntut karyawannya untuk bekerja lebih giat guna mencapai target, Padahal hal ini bisa berakibat pada kesehatan fisik dan mental mereka.

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bekerja selama 55 jam lebih dalam seminggu bisa meningkatkan penyakit stroke sebesar 35 persen, juga kematian dini akibat tekanan kerja.

Bisa berisiko stres
Bekerja yang terlalu berlebihan disebut dapat meningkatkan stres bagi karyawannya, yang mana pelepasan hormon stres secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Selain itu, beban kerja yang berlebihan disebut dapat memperburuk kesehatan karyawan. Mulai dari kualitas tidur yang berkurang, tubuh tidak fit, hingga kurangnya berolahraga.

Baca Juga: Lagi! Muncul Varian COVID-19 Delta Baru AY.2 dan AY.3, Lebih Bahaya

Beberapa dari pegawai bahkan melampiaskan masalah tersebut dengan mengonsumsi alkholol dan penyalahgunaan zat berbahaya lainnya untuk mengatasi stres mereka.

Komentar