alexametrics

9 Efek Samping Vaksin Pfizer, Hati-hati

Rifan Aditya
9 Efek Samping Vaksin Pfizer, Hati-hati
Efek samping vaksin pfizer - Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Pfizer yang akan disuntikkan ke warga di Puskesmas Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/8/2021). ANTARA FOTO

Jika mendapatkan vaksinasi dengan vaksin pfizer, maka anda perlu mengetahui apa saja efek samping vaksin pfizer.

Suara.com - Vaksin pfizer adalah salah satu jenis vaksin yang digunakan untuk mengatasi penyebaran virus covid-19. Jika mendapatkan vaksinasi dengan vaksin ini, maka anda perlu mengetahui apa saja efek samping vaksin pfizer.  

Vaksinasi dapat memberikan manfaat perlindungan tapi ada kemungkinan bahwa orang yang telah di vaksin akan mengalami efek samping, termasuk ketika mendapatkan vaksin pfizer. Efek samping vaksin pfizer bisa terjadi karena sebab-sebab di bawah ini. 

Dilansir dari jurnal The BMJ, pada 11 Juli 2021, sebanyak 33.455.291 dosis vaksin Pfizer diberikan kepada warga Spanyol dan dari total vaksin tersebut, ada 17.387 pemberitahuan efek samping yang diterima FEDRA. Mayoritas yang mengalami efek samping vaksin pfizer adalah wanita sebanyak 79 persen dan orang-orang dengan usia antara 18-65 tahun sebanyak 83 persen. 

AEMPS (Badan Obat dan Produk Kesehatan Spanyol) menyatakan ada empat dugaan efek samping vaksin pfizer, antara lain:

Baca Juga: Ini Efek yang Dirasakan Pemain Persikota Tangerang Usai Divaksin Pfizer

  1. Mengalami Asthenia (kekurangan energi)
  2. Mengalami Kelesuan (keadaan acuh tak acuh)
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Mengalami hiperhidrosis malam hari (mengalami keringat berlebihan di malam hari)

Vaksin Pfizer dirumorkan jadi penyebab penyakit darah langka

Peneliti di Institute of Hematology di Shamir Medical Center Israel mengklaim menemukan vaksin Pfizer covid-19 kemungkinan mengembangkan penyakit arah langka thrombotic thrombocytopenic purpura (TTP). Para peneliti mendadak melihat peningkatan pada TTP, setidaknya ada empat kasus terdeteksi dalam satu bulan.

Padahal sebelumnya, paling tidak hanya dua atau tiga dalam setahun. Bukti hubungan antara vaksin pfizer dengan TTP adalah pada hubungan kronologis antara vaksinasi pasien dengan kemunculan gejala TTP. 

Lebih jelasnya TTP merupakan autoimun parah yakni terjadi pembekuan darah di beberapa organ tubuh. Gejala efek samping vaksin pfizer ini antara lain:

  1. Mudah lemah
  2. Mudah lelah
  3. Gangguan neurologis 
  4. Perdarahan 
  5. Nyeri dada

Oleh karena itu, setiap orang wajib waspada setelah vaksinasi dan harus segera mendapatkan perhatian jika mengalami gejala TTP di atas. 

Baca Juga: Studi BMJ Temukan Risiko Stroke Setelah 15-21 Hari Suntik Vaksin Pfizer

Demikian penjelasan singkat tentang efek samping vaksin pfizer. Harap menjadi perhatian bagi penerima vaksin pfizer.

Kontributor : Mutaya Saroh

Komentar