alexametrics

Vaksin Covid-19 Ketiga Buatan China 77 Persen Efektif Lawan Varian Delta

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Vaksin Covid-19 Ketiga Buatan China 77 Persen Efektif Lawan Varian Delta
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).

Vaksin Covid-19 ketiga buatan China 77 persen efektif melawan virus corona Covid-19 varian Delta.

Suara.com - Vaksin Covid-19 dosis ketiga dari China yang dikembangkan oleh Chongqing Zhifei Biological Products telah mencapai uji klinis tahap akhir.

Hasil uji klinis menunjukkan vaksin Covid-19 buatan China ini hampir 82 persen efektif mencegah infeksi parah akibat virus corona Covid-19 dan 77 persen efektif melawan varian Delta yang sangat menular.

Vaksin Covid-19 dosis ketiga ini merupakan vaksin protein rekombinan yang menggunakan protein lonjakan virus untuk memicu respons imun.

Ini juga vaksin Covid-19 dosis ketiga pertama yang disetujui penggunaannya di China yang telah mengadopsi teknologi tersebut.

Baca Juga: Ahli Temukan Varian Virus Corona Baru yang Disebut C12, Seberapa Mematikan?

Perusahaan Chongqing Zhifei Biological Products mengatakan uji coba vaksin Covid-19 dosis ketiga tahap ketiga pada manusia akan berlangsung pada Desember di China, Uzbekistan, Pakistan, Indonesia dan Ekuador, dengan total 28.500 orang.

Dilansir dari China Daily, semua peserta yang mengikuti uji coba tahap ketiga dibagi rata antara yang menderita vaksin Covid-19 dan plasebo, masing-masing diberi vaksin Covid-19 dosis ketiga dengan interval satu bulan.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (pixabay)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (pixabay)

Perusahaan mengatakan 221 orang tertular virus corona Covid-19, tapi itu tidak dijadikan patokan dalam menentukan pembagian kelompok berdasarkan asal penularan.

Hasil uji coba menunjukkan tingkat perlindungan vaksin Covid-19 mencapai 82 persen, melebihi standar dasar 50 persen sesuai yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pihaknya juga menambahkan bahwa vaksin Covid-19 itu 100 persen efektif untuk mencegah kasus infeksi parah dan kematian akibat virus corona Covid-19.

Baca Juga: Seberapa Efektif Tes Antigen untuk Deteksi Virus Corona Covid-19?

Analisis awal juga menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 tersebut memiliki tingkat kemanjuran 93 persen terhadap varian Alpha dan 77,5 persen untuk melawan varian Delta.

Komentar