alexametrics

Viral Video Pasangan Gancet, Apa Itu Gancet, Penjelasan Medis, dan Cara Mengatasinya

Vania Rossa | Lilis Varwati
Viral Video Pasangan Gancet, Apa Itu Gancet, Penjelasan Medis, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi hubungan atau pasangan gancet. (Shutterstock)

Gara-gara viral video hoaks pasangan gancet yang beredar di media sosial, banyak orang bertanya-tanya apa yang dimaksud gancet?

Suara.com - Media sosial kembali ramai dengan pembahasan pasangan gancet akibat sebuah video yang viral. Dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok @indriani_be itu terlihat sepasangan laki-laki dan perempuan berada di atas kasur.

Keduanya tampak saling menempel. Posisi laki-laki tampak berada di atas si perempuan. Seluruh tubuh mereka ditutupi oleh selimut. Sementara itu terdapat beberapa tokoh agama di ruangan tersebut.

Namun, setelah ditelusuri, ternyata video tersebut merupakan video hoaks.

Mengenai fenomena gancet yang menjadi viral di media sosial bukan kali pertama terjadi. Namun demikian, kejadian gancet dalam keseharian sebenarnya jarang terjadi.

Baca Juga: Viral Video Pasangan Gancet, Begini Penjelasan Medisnya!

Pada masyarakat awam, gancet kerap dihubungkan dengan hal mistis dan juga dianggap sebagai hukuman bagi pasangan belum sah tetapi melakukan hubungan seksual.

Lantas, apa itu gancet? Gancet atau penis captivus merupakan keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya saat berhubungan seksual. Meskipun ereksi sudah tidak terjadi, penis tetap tidak bisa dikeluarkan.

Pakar kesehatan seksual dr. Ni Komang Yeni menjelaskan bahwa gancet terjadi akibat kejang otot di area vagina. Kondisi ini terjadi secara involuntary atau tidak disadari.

Kejang tersebut kemungkinan besar karena ada gangguan saraf maupun pembuluh darah di tempat tersebut.

"Situasional, tidak selalu terjadi," kata dokter Yeni.

Baca Juga: Video Viral 'Pasangan Gancet' Diduga Settingan, Pemilik Akun Sering Unggah Video Hoaks

Menurutnya, faktor psikologis juga bisa menjadi penyebab gancet. Yeni memberi contoh, kecemasan dan ketakutan bisa memicu kejang di sekitar vagina dan bisa memicu gancet.

Komentar