alexametrics

Amankah Suntik Vaksin Covid-19 dan Vaksin Flu Bersamaan? Ini Kata Ahli!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Amankah Suntik Vaksin Covid-19 dan Vaksin Flu Bersamaan? Ini Kata Ahli!
Ilustrasi vaksin Covid-19 atau vaksin flu (pixabay.com)

Ahli jelaskan keamanan suntik vaksin Covid-19 dan vaksin flu bersamaan.

Suara.com - Saat ini, para ahli menekankan pentingnya vaksin Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 lebih meluas. Beberapa ahli juga setuju bahwa suntik vaksin flu juga bisa mencegah risiko infeksi virus corona Covid-19.

Sayangnya, masih banyak orang yang mempertanyakan pentingnya vaksin flu sekarang ini dan keraguan suntik vaksin flu bersamaan dengan vaksin Covid-19.

Virus corona Covid-19 dan flu merupakan penyakit pernapasan yang bisa menunjukkan gejala sama. Tapi, mengandalkan vaksin Covid-19 saja tidak cukup untuk melindungi diri kita.

Sedangkan, beberapa tindakan seperti menjaga jarak dan mencegah influenza menjadi lebih buruk. Para ahli pun menemukan adanya peningkatan tajam dalam penyakit virus corona Covid-19 dan flu.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Peringatkan Kemungkinan Gelombang Ketiga Virus Corona, Kapan?

Langkah-langkah pencegahan virus corona Covid-19 tahun lalu sudah terbukti mampu menurunkan risiko flu dan wabah cukup ringan. Tapi, kala itu orang-orang yang terinfeksi virus corona cenderung menunjukkan gejala yang sama.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Banyak orang percaya bahwa vaksin Covid-19 bisa melindungi mereka dengan baik dari flu. Faktanya dilansir dari Times of India, hal itu sepenuhnya tidak benar.

Virus corona Covid-19 dan influenza adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus yang berbeda pula. Suntikan satu jenis vaksin virus tidak akan melindungi tubuh dari virus lainnya.

Karena, kasus flu cenderung meningkat pada musim dingin atau bulan-bualn tertentu. Para ahli mempertimbangkan pentingnya vaksin flu dan vaksin Covid-19.

Tapi, beberapa orang mungkin khawatir untuk suntik vaksin flu dan vaksin Covid-19 bersamaan. Mereka mungkin khawatir dengan kemungkinan kontradiksi bila suntik dua jenis vaksin sekaligus.

Baca Juga: Jika Antibodi Hilang, Apakah Tubuh Masih Mampu Melawan Infeksi Virus Corona?

Apalagi, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi setelah suntik vaksin Covid-19. Bahkan, banyak orang meyakini vaksinasi jenis lain harus ditunda ketika seseorang suntik vaksin Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pun sudah mengonfirmasi bahwa aman untuk suntik vaksin jenis lain dan vaksin Covid-19 pada waktu yang bersamaan. Menurutnya, vaksinasi ganda tidak akan membahayakan tubuh.

Bahkan, para ahli berpendapat suntik vaksin Covid-19 kedua bersamaan dengan vaksin flu juga tidak akan menimbulkan risiko yang berbahaya, sehingga aman untuk melakukannya bersamaan.

Sementara itu, para ilmuwan masih menganalisis efek pemberian suntikan ketiga vaksin Covid-19 bersamaan dengan vaksin flu. Saat ini, suntikan ketiga vaksin Covid-19 memang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan seseorang yang sudah vaksinasi lengkap.

Selain itu, penelitian juga sedang melakukan uji coba kedua jenis vaksin yang berbeda itu bisa dilakukan secara bersamaan atau tidak. Mereka ingin mencari tahu wabah virus corona Covid-19 yang cukup tinggi penularannya ini bisa menjadi endemik atau tidak.

Komentar