alexametrics

Satgas Covid-19 Peringatkan Kemungkinan Gelombang Ketiga Virus Corona, Kapan?

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Satgas Covid-19 Peringatkan Kemungkinan Gelombang Ketiga Virus Corona, Kapan?
kasus covid-19 (Envato)

Satgas Covid-19 mengingatkan bahwa saat ini, gelombang ketiga kasus virus Corona tengah terjadi secara global.

Suara.com - Indonesia melaporkan penurunan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Meski patut disyukuri, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk waspada adanya gelombang ketiga virus Corona.

Juru bicara Satgas Covid-19 prof. Wiku Adisasmito mengingatkan bahwa saat ini, gelombang ketiga kasus virus Corona tengah terjadi secara global. Namun, kondisi Indonesia saat ini justru tengah dalam penurunan kasus terendah selama pandemi.

Kondisi tersebut mirip dengan saat terjadi gelombang kedua di dunia yang terjadi pada April lalu. Sedangkan Indonesia baru mengalaminya pada bulan Juli.

"Saat dunia sedang mengalami second wave, Indonesia justru sedang mengalami titik terendah kasus mingguan. Pada saat Indonesia sudah meningkat, justru dunia sedang mengalami penurunan kasus sebelum akhirnya kembali meningkat dan mencapai thrid wave," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Hari Ini Tambah 106 Kasus, Pasien Covid-19 di Jakarta Kini Capai 856.358 Orang

INFOGRAFIS: Mengenal Virus Covid-19 Varian Mu
INFOGRAFIS: Mengenal Virus Covid-19 Varian Mu

Dari pola lonjakan kasus tersebut, menurut Wiku menunjukkan bahwa gelombang kedua yang terjadi di Indonesia Juli lalu tidak berkontribusi signifikan pada kasus dunia. Selain itu, juga bukan disebabkan karena kasus impor dari luar negeri.

"Hal ini dapat terjadi karena upaya pencegahan batas negara yang ketat. Sehingga importir kasus yang sedang mengalami lonjakan kasus dapat ditekan seminimal mungkin," katanya.

Lonjakan kasus saat itu terjadi lebih karena beberapa faktor internal yakni meningkatnya mobilitas dan aktivitas sosial di masyarakat yang terjadi secara bersamaan dengan periode mudik Idulfitri beserta sikap abai terhadap protokol kesehatan, lanjut Wiku.

Melihat pola kenaikan positif antara Indonesia dan dunia itu, Wiku meminta masyarakat waspada dengan gelombang ketiga pandemi yang tengah terjadi secara global saat ini.

"Kondisi dunia saat ini tengah mengalami thrid wave. Perlu kita antisipasi selama 3 bulan ke depan kita akan mengalami periode libur Natal dan tahun baru 2022 yang artinya potensi kenaikan kasus semakin meningkat," ucapnya.

Baca Juga: Kabar Baik! Indonesia Cetak Rekor Positivity Rate Covid-19 Terendah Sepanjang Pandemi

Apa pun jenis varian virus Corona yang tengah tersebar di masyarakat, Wiku menekankan bahwa lonjakan kasus tetap bisa terjadi jika protokol kesehatan tidak disiplin dilakukan.

Komentar