alexametrics

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi: Olahraga hingga Stop Merokok

Rifan Aditya
7 Cara Menurunkan Darah Tinggi: Olahraga hingga Stop Merokok
7 Cara Menurunkan Darah Tinggi: Olahraga hingga Stop Merokok - Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

Berikut Suara.com, memberikan rekomendasi cara menurunkan darah tinggi.

Suara.com - Tekanan darah tinggi bisa membuat kondisi mental dan fisik bermasalah sebab tekanan darah tinggi termasuk kasus medis berbahaya yang dapat merusak jantung. Berikut Suara.com, memberikan rekomendasi cara menurunkan darah tinggi.

Jika tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, setiap orang harus punya cara menurunkan darah tinggi. Berikut dilansir dari Medical News Today, ada 7 cara menurunkan tekanan darah tinggi. 

1. Berolahraga secara teratur 

Olahraga tak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh tapi juga salah satu cara menurunkan darah tinggi yang cukup sering direkomendasikan para ahli kebugaran dan medis.

Baca Juga: Lagi Stres? 4 Jenis Olahraga Ini Ampuh Mengusirnya Loh!

Olahraga seperti jalan kaki dengan jarak sampai 1 km, atau berlari sekali per minggu selama 70-150 menit dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan sekalipun Anda hanya bisa berjalan kaki selama 30 menit per hari sudah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, jadi cobalah. 

2. Kurangi asupan natrium 

Anda mungkin sering makan makanan yang mengandung natrium. Mulai sekarang ini harus dikurangi untuk mengatasi darah tinggi. Banyak penelitian mengungkap salah satu cara menurunkan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan natrium yang ada pada garam.

Disarankan untuk mengganti makanan olahan dengan buah-buahan segar, sayuran segar, dan tidak perlu dibumbui banyak garam. Lebih baik dibumbui rempah-rempah saja daripada garam. 

3. Hindari konsumsi alkohol 

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur, Ketahui Dampaknya!

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah menghindari konsumsi alkohol. Kalau Anda kadang-kadang atau sering minum alkohol, ini saat yang tepat untuk mengurangi bahkan akan lebih baik lagi jika menghentikan kebiasaan minum alkohol. Sebab, penelitian mengungkap fakta, alkohol terkait dengan 16 persen kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia. 

Komentar