alexametrics

Kenali 5 Gejala Masalah Kesehatan pada Pria yang Sering Diabaikan

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kenali 5 Gejala Masalah Kesehatan pada Pria yang Sering Diabaikan
Ilustrasi pria. (pexels.com/Demeter Attila)

Ada beberapa gejala masalah kesehatan pada pria yang sering kali diabaikan, apa saja?

Suara.com - Sebagian besar pria sering menganggap dirinya sangat kuat dan bertenaga. Karena itu, mereka sering mengabaikan masalah kesehatan yang rentan menyerang kaum pria.

Sebuah studi oleh National Pharmacy Association (NPA) juga menemukan bahwa pria cenderung mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan hanya 4 kali setahun, lebih jarang dibandingkan wanita.

Tetapi, pria seringkali beralasan jarang mengunjungi dokter untuk periksa kesehatan karena terlalu sibuk bekerja sehingga tak ada waktu untuk konsultasi. Di sisi lain, mereka juga mungkin malu untuk konsultasi kesehatannya.

Akibatnya, kanker hingga depresi pada pria mungkin akan lebih sulit terdiagnosis. Padahal, kondisi tersebut bisa menyebabkan konsekuensi yang lebih serius bila diabaikan.

Baca Juga: Pakar Oxford: Virus Corona Covid-19 akan Jadi Flu Biasa pada Tahun Depan

Dilansir dari The Sun, Earim Chaudry, Direktur Medis Manual, mengatakan ada lima gejala umum masalah kesehatan yang sering diabaikan pria, antara lain:

Ilustrasi pria (pexels.com/Rene Asmussen)
Ilustrasi pria (pexels.com/Rene Asmussen)

1. Kesulitan buang air kecil

Kesulitan buang air kecil atau rasa sakit saat buang air kecil bisa menjadi tanda penyakit prostat atau kanker. Saat prostat membesar, kondisi ini bisa menekan uretra yang bisa membuat seseorang kesulitan buang air kecil.

Pembesaran prostat sangat rentan dialami pria, terutama pria usia 50 tahun ke atas. Pria yang lebih muda (berusia antara 30 dan 50 tahun) lebih mungkin terkena prostatitis, yakni prostat yang membengkak karena infeksi bakteri.

2. Perubahan tahi lalat

Baca Juga: Peneliti Temukan Virus Corona Covid-19 Terbukti Picu Gangguan Pendengaran!

Tahi lalat bisa menjadi tanda kanker kulit, tetapi banyak dari kita tidak tidak memperhatikan perubahannya. Adapun tanda-tanda tahi lalat yang perlu diwaspadai, seperti tahi lalat yang mengalami perubahan warna, perubahan ukuran, perubahan ketinggian dan asimetris.

3. Benjolan yang tidak biasa

Benjolan yang tidak biasa pada tubuh bisa menjadi gejala kanker yang lebih sering pada pria lebih muda. Gejala ini sering dialami pria yang lebih muda, seperti kanker testis yang biasanya dialami pria usia 15 hingga 49 tahun.

Gejala kanker testis ini termasuk benjolan tak biasa pada salah satu testis yang biasanya tidak menyakitkan atau tidak nyeri dan perubahan bentuk pada testis.

4. Sakit dada

Nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gangguan pencernaan hingga masalah otot. Tapi, nyeri dada juga bisa menjadi tanda kanker perut atau tenggorokan, penyakit jantung atau gagal jantung. Apalagi, bila Anda merasa nyeri dada tersebut tidak hilang dan terjadi secara terus-menerus.

5. Perubahan suasana hati

Perubahan mood bisa menjadi tanda awal depresi. Meskipun suasana hati yang buruk tidak selalu mengakibatkan depresi, tapi penting untuk mengenali faktor-faktor risikonya.

Tanda-tanda depresi lebih lanjut yang perlu diwaspadai pria, termasuk rasa bersalah atau malu, mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang, memberikan barang pribadi ke orang lain, menyakiti diri sendiri atau orang lain, perubahan suasana hati yang ekstrem dan kehilangan minat.

Komentar