alexametrics

Gejala Radang Amandel dan Virus Corona Covid-19 Mirip, Ini Cara Membedakannya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Radang Amandel dan Virus Corona Covid-19 Mirip, Ini Cara Membedakannya!
Ilustrasi radang amandel atau tonsilitis dan virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Gejala virus corona Covid-19 dan radang amandel hampir sama, sehingga orang perlu memperhatikan perbedaannya.

Suara.com - Tonsilitis adalah infeksi amandel di bagian belakang tenggorokan yang sangat umum menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Tapi, gejala radang amandel bisa membuat orang bingung membedakannya dengan virus corona Covid-19.

Penyebab tonsillitis atau radang amandel sendiri berbeda-beda pada setiap orang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh virus maupun infeksi bakteri yang akan mempengaruhi risiko penularannya.

Kebanyakan orang dengan tonsillitis atau radang amandel mengalami sakit tenggorokan berulang sebagai gejala umumnya. Tapi, tonsillitis juga bisa menyebabkan pilek dan flu parah sehingga seseorang harus bisa membedakannya dengan virus corona Covid-19.

Gejala Tonsilitis Pada Orang Dewasa

Baca Juga: Studi Baru, Vaksin Covid-19 Tingkatkan Kekebalan Penyintas hingga 30 Persen!

Jika Anda menderita tonsilitis, amandel di bagian belakang tenggorokan Anda akan menjadi merah dan bengkak. Gejala utama kondisi ini pada anak-anak dan orang dewasa, antara lain:

Ilustrasi virus corona covid-19, radang amandel, tonsilitis. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona covid-19, radang amandel, tonsilitis. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
  1. Sakit tenggorokan
  2. Kesulitan menelan
  3. Demam tinggi
  4. Batuk
  5. Sakit kepala
  6. Sakit telinga
  7. Kelelahan

Dalam kasus yang lebih parah, Anda mungkin mengalami pembengkakan atau nyeri pada kelenjar di leher, bintik-bintik putih berisi nanah di amandel, dan bau mulut.

Anak-anak kecil mungkin tidak bisa menggambarkan kondisinya. Jadi, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda air liurnya, kesulitan mereka menelan makanan, susah makan dan rewel.

Tonsilitis biasanya hilang dengan sendirinya setelah tiga sampai empat hari dengan cara lebih banyak istirahat, minum obat parasetamol atau ibuprofen, minum air dingin dan air asin hangat.

Namun, Anda mungkin juga memerlukan beberapa larutan antiseptik, semprotan tenggorokan dan pelega tenggorokan atau minum antibiotik yang telah diresepkan dokter.

Baca Juga: Awas, Ini 4 Tanda Infeksi Virus dan Flu Sudah Parah!

Perbedaan Tonsilitis dan Virus corona Covid-19

Tiga gejala utama virus corona Covid-19, termasuk kehilangan rasa dan bau, batuk terus-menerus dan demam tinggi. Namun, Anda mungkin juga memerlukan beberapa larutan antiseptik, semprotan tenggorokan dan pelega tenggorokan Covid-19 untuk memastikannya.

Tonsilitis tidak menular, tetapi sebagian besar infeksi yang menyebabkannya cukup menular, seperti pilek dan flu. Karena itulah, penting untuk tetap di rumah dari pekerjaan atau menjaga anak Anda dengan tonsilitis di rumah.

"Anda mungkin juga terkena tonsilitis jika bakteri streptokokus mempengaruhi tenggorokan" kata BUPA dikutip dari Express.

Seseorang bisa mengalami tonsillitis melalui tetesan kecil cairan tubuh ketika batuk atau bersin. Selain itu, Anda juga bisa mengalami radang amandel jika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus atau bakteri.

Komentar