alexametrics

Tak Cuma Baik Untuk Kesehatan Mental, Ini 6 Manfaat Mendengarkan Musik

Bimo Aria Fundrika | Aflaha Rizal Bahtiar
Tak Cuma Baik Untuk Kesehatan Mental, Ini 6 Manfaat Mendengarkan Musik
Ilustrasi mendengarkan musik. [Unsplash]

Nah, bagi Anda yang suka mendengarkan musik, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas tersebut.

Suara.com - Telah terbukti bahwa mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental seseorang. Tak hanya itu saja, pelajaran musik juga mampu meningkatkan IQ seseorang, di mana ini akan membentuk pemikirannya agar lebih tajam.

Nah, bagi Anda yang suka mendengarkan musik, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas tersebut. Berikut ini daftarnya dilansir dari Kent Teach. Ini dia:

Bisa meningkatkan kebahagiaan

Mendengarkan musik yang enak dan bahagia dapat meningkatkan hormon kebahagiaan. Sebuah studi dari The neuroscience of musical chill, yang dilakukan oleh The Montreal Neurological Institute and Hospital, mengungkap bahwa musik dapat melepaskan hormon bahagia lewat dopamin.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Musik Mampu Menenangkan Jantung Saat Berkendara

Dapat meningkatkan performa

Ilustrasi Mendengarkan Musik. (freepik)
Ilustrasi Mendengarkan Musik. (freepik)

Ketika seseorang melakukan olahraga lari sambil mendengarkan musik, dikatakan dapat meningkatkan performanya. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, disarankan untuk mendengarkan musik yang bisa meningkatkan kemampuan lari Anda. Tentunya, bisa dicoba lewat lagu yang membawa nada semangat.

Dapat menurunkan stres

Terbukti, mendengarkan musik dapat menurunkan kadar hormon stres. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian, yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh yang meningkat terjadi ketika seseorang aktif berpartisipasi bermain musik dan bernyanyi.

Membantu tidur lebih nyenyak

Baca Juga: SAKI2 dan Rezcky The Titans Berkolaborasi di Lagu Ghosting

Ternyata manfaat mendengarkan musik bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian, di mana siswa yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur, secara signifikan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Komentar