alexametrics

Ingin Beli Lensa Kontak? Baca Dulu Anjuran Dokter

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Ingin Beli Lensa Kontak? Baca Dulu Anjuran Dokter
Ilustrasi Lensa Kontak (Pixabay)

Sama halnya dengan penggunaan kacamata yang bisa berakibat tidak nyaman jika ukurannya tidak pas. Begitu pula dengan lensa kontak.

Suara.com - Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebagai pengganti kacamata agar penglihatan lebih jelas. Tapi bagi beberapa orang juga bisa jadi pelengkap penampilan agar bola mata terlihat lebih menawan.

Namun sebelum membeli lensa kontak, ada baiknya pikirkan dulu beberapa hal. Salah satunya terkait dengan diameter lensa kontak yang akan dipakai. Hal itu penting karena akan menentukan kenyamanan saat dipakai.

"Harus ada beberapa pertimbangan karena yang pertama, itu benda asing. Kedua kadang ukuran diameter (lensa kontak), memang seperti fitting baju atau sepatu, dipasangkan dulu. Kita lihat posisinya bagus atau tidak karena kalau misalnya tidak, bisa jadi sakit atau jadi masalah lainnya. Jadi kalau lensa kontak harus dicoba," jelas Dokter spesialis mata dr. Ine Renata Musa, Sp.M (K)., dalam talkshow Radio Kesehatan, Senin (18/10/2021).

Lensa kontak

Sama halnya dengan penggunaan kacamata yang bisa berakibat tidak nyaman jika ukurannya tidak pas. Begitu pula dengan lensa kontak.

Baca Juga: Jangan Dijadikan Kebiasaan, Ini 3 Dampak Buruk Mengucek Mata

Oleh sebab itu, disarankan membeli lensa kontak sekaligus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata agar mendapat ukuran yang pas juga meminimalisir risiko alergi.

"Lensa kontak itu karena dia menempel, kalau mata tidak cocok atau posisi ukuran lensa kurang bagus, nanti pada saat melepas gitu jadi lecet kemudian ada infeksi," kata dokter Ine.

Ia mengungkapkan, tak jarang infeksi mata seperti itu terjadi pada orang yang memakai lensa kontak untuk alasan fashion. Dampak jangka panjangnya, infeksi tersebut bisa saja mengenai kornea hingga berujung menganggu fungsi penglihatan.

"Paling parah memang jadi tidak bisa melihat," pungkasnya.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Mata Panda, Mudah dan Murah

Komentar