alexametrics

Jangan Cuma Fokus pada Makanan, Ini 5 Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Cuma Fokus pada Makanan, Ini 5 Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan!
ilustrasi makan (Pexels)

Sistem pencernaan yang berfungsi baik tidak hanya membutuhkan makanan sehat dan seimbang, tapi pola makan yang benar.

Suara.com - Anda mungkin salah satu orang yang sangat menjaga pola makan sehat dan seimbang. Tapi, masih ada kemungkinan bahwa tubuh tidak menyerap semua nutrisi penting dari makanan yang dikonsumsi.

Penyerapan makanan oleh sistem pencernaan memainkan peran yang sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Pola makan yang benar akan membantu usus besar menyerap nutrisi dari makanan dan mengedarkannya ke berbagai bagian tubuh.

Selain itu, pencernaan yang buruk juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut, kembung, mulas, mual, sembelit hingga diare. Berikut ini dilansir dari Times of India, 5 cara meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

1. Konsumsi makanan hangat

Baca Juga: CDC: Vaksin Pfizer 93 Persen Efektif Turunkan Risiko Rawat Inap pada Remaja

Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang hangat pada jam berapa pun Anda makan. Karena, konsumsi makanan hangat atau baru masak lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Sedangkan, konsumsi makanan dingin dan makanan yang keluar dari lemari es bisa memperlambat daya pencernaan Anda. Kondisi ini dapat memperlambat laju pencernaan makanan di dalam tubuh dan membuat Anda rentan terhadap gangguan pencernaan.

Ilustrasi makan (Elements Envato)
Ilustrasi makan (Elements Envato)

2. Makan saat lapar

Jangan pernah memaksakan diri untuk makan atau ngemil jika Anda tidak merasa lapar. Makan 3 kali sehari dan konsumsi camilan di sela-sela waktu makan memang penting, tapi Anda tidak perlu memaksakan aturan ini.

Usahakan Anda selalu makan ketika merasa lapar. Selain itu, jangan penuhi isi piring Anda dengan semua jenis makanan ketika merasa lapar. Konsumsilah makanan dengan porsi yang sesuai dengan tingkat kelaparan Anda.

Baca Juga: Bolehkah Suntik Booster Vaksin Covid-19 saat Flu? Ini Jawabannya

3. Kunyah makanan dengan benar

Proses pencernaan dimulai di dalam mulut. Gigi kita memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga memudahkan enzim pencernaan untuk memecahnya lebih lanjut.

Tidak mengunyah makanan dengan tuntas berkaitan dengan rendahnya penyerapan nutrisi. Mengunyah juga membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki pencernaan.

4. Jangan konsumsi makanan yang tidak sesuai

Selain makan dengan benar, Anda juga perlu berhati-hati dalam memasangkan kelompok makanan agar menjadi sebuah masakan. Makana yang tidak cocok untuk dikelompokkan bersama, seperti susu dengan buah atau sayuran, kacang-kacangan dengan telur atau buah juga dapat mengganggu kesehatan pencernaan Anda.

Konsumsi makanan yang tidak cocok untuk dipasangkan bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan. Di sisi lain, memasangkan makanan dengan benar juga bisa mempercepat proses pencernaan.

5. Jaga hidrasi tubuh

Air memainkan beberapa fungsi dalam tubuh kita dan yang paling umum adalah mencerna makanan. Asupan cairan yang rendah dapat menyebabkan sembelit dan masalah kesehatan lainnya, seperti sakit kepala dan batu ginjal.

Selain itu, dehidrasi juga bisa membuat Anda merasa lapar dan makan berlebihan. Jadi, pastikan Anda minum cukup cairan dalam sehari, termasuk minum air putih, jus segar dan teh herbal.

Komentar