alexametrics

Hati-Hati, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Berlebihan Justru Berbahaya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-Hati, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Berlebihan Justru Berbahaya!
Ilustrasi Makanan Sehat. (freepik.com)

Ada beberapa makanan sehat yang membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Suara.com - Banyak orang berusaha menjalani pola makan sehat untuk menjaga kesehatan tubuhnya maupun menjaga berat badannya tetap idela. Makanan sehat ini bisa berupa buah, sayuran hingga makanan rendah lemak.

Tapi, banyak orang justru terperangkap dalam pola makan sehat yang salah. Banyak orang mungkin tidak menyadari kandungan gula dan natrium dalam makanan sehat yang dikonsumsinya.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 makanan sehat yang justru tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

1. Pisang

Baca Juga: Studi Suntik Vaksin Flu Bisa Cegah Infeksi Parah Virus Corona Covid-19

Makan pisang terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan gigi. Karena, buah ini bisa menghasilkan bakteri perusak gigi yang merusak email gigi, seperti gula.

Untungnya, jumlah gula dalam pisang tidak terlalu pekat. Tapi, Anda bisa mengalami sakit kepala ketika mengonsumsi pisang berlebihan. Sebab, pisang mata mengandung tyramine tinggi yang bisa memicu migrain.

Pisang (Foto: shutterstock)
Pisang (Foto: shutterstock)

2. Gandum

Makan oat atau gandum secara berlebihan bisa membuat perut kembung dan buang air besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala sembelit bisa diatasi dengan menurunkan asupan serat makan.

Apalagi, makan terlalu banyak oat bisa membatasi penyerapan kalsium, magnesium dan seng dalam tubuh.

Baca Juga: Gawat! Rusia Temukan Virus Corona yang Lebih Menular dari Varian Delta

Selain itu, makanan ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tak disadari, terutama ketika Anda memakannya dengan banyak topping.

3. Nasi

Meskipun nasi adalah makanan utama, tapi justru mengandung sedikit vitamin. Jika Anda makan terlalu banyak nasi, hal ini justru akan menghilangkan semua vitaminnya.

Selain itu, makan nasi terlalu banyak bisa membuat kadar insulin Anda melonjak. Akibatnya, ini bisa menyebabkan kinerja mental lebih buruk karena paparan arsenik tingkat rendah.

4. Brokoli

Brokoli mengandung triosianat yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut, wajah bengkak, dan lainnya.

Brokoli juga bisa menyebabkan hidung tersumbat dan memicu alergi lain, seperti ruam kulit atau gatal-gatal.

5. Blueberry

Blueberry bisa menurunkan glukosa darah di bawah normal yang berbahaya bagi penderita diabetes. Buah beri juga bisa mengencerkan darah, sehingga hati-hatilah dalam mengonsumsinya terutama ketika Anda sedang minum obat lainnya.

Sebab, blueberry juga bisa mengganggu pengobatan Anda. Selain itu, Anda juga bisa merasakan sesak napas atau pernapasan tidak teratur karena buah ini kaya vitamin K.

Komentar