alexametrics

Kebiasaan Tidur Bisa Bantu Jaga Bentuk Tubuh Ideal, Ini 5 Caranya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kebiasaan Tidur Bisa Bantu Jaga Bentuk Tubuh Ideal, Ini 5 Caranya!
Ilustrasi tidur. (unsplash)

Kebiasaan seseorang ketika tidur bisa membantu menjaga bentuk tubuh ideal.

Suara.com - Ada banyak cara untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal, seperti olahraga yoga, Tapi, tak banyak yang tahu bahwa kebiasaan kita ketika tidur bisa membantu menjaga bentuk tubuh ideal.

Mulai dari pencahayaan kamar tidur, jenis olahraga sebelum tidur dan pakaian yang digunakan untuk tidur itu semua bisa membantu menjaga bentuk tubuh dan membuat tubuh lebih bugar.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 cara tidur yang terbukti secara ilmiah untuk membantu tubuh tetap bugar dan bentuk tubuh tetap ideal.

1. Tidur tanpa pakaian atau telanjang

Baca Juga: CDC: Antibodi Alami Virus Corona Covid-19 Lebih Lemah dari Vaksinasi

Saat Anda tidur telanjang, Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan. Para ilmuwan mengatakan bahwa tidur tanpa pakaian membantu menjaga suhu tubuh Anda lebih dingin ketika Anda tidur dan membuat metabolisme tubuh lebih cepat, karena menghasilkan lebih banyak lemak coklat untuk membuat tubuh hangat.

Ilustrasi tidur telanjang (shutterstock)
Ilustrasi tidur telanjang (shutterstock)

Karena, lemak coklat menghasilkan panas saat membakar kalori, yang mana membantu mempercepat metabolisme Anda di siang hari untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Tidur tanpa pakaian juga meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk jantung dan otot.

2. Tidur yang cukup

Dr Richard K. Bogan, seorang peneliti tidur, mengatakan tidur yang cukup bisa membantu menurunkan berat badan. Karena, tidur yang cukup membantu hormon tubuh normal dan fungsi sistem kekebalan tubuh baik.

Kurang tidur justru akan menyebabkan peningkatkan berat badan. Karena itu, para ahli menyarankan orang dewasa untuk tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap harinya.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Ini Caranya

3. Olahraga sebelum tidur

Jika Anda memiliki lebih banyak massa otot, olahraga bisa membantu Anda membakar lebih banyak kalori ketika tidur. Melakukan beberapa olahraga setiap hari, terutama latihan kekuatan dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda sulit untuk tidur tenang di malam hari, cobalah untuk olahraga beberapa jam sebelum tidur.

Ilustrasi tidur dengan lampu mati. (Stocksy)
Ilustrasi tidur dengan lampu mati. (Stocksy)

4. Tidur di kamar yang lebih dingin dan gelap

Sebuah penelitian menemukan orang-orang yang mengatur suhu kamar tidur mereka pada 18 derajat celcius selama 1 bulan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh lemak coklat mereka sebesar 42 persen dan meningkatkan metabolisme mereka sebesar 10 persen.

Anda juga bisa mematikan lampu kamar ketika tidur di malam hari untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa cahaya lampu di malam hari sebelum tidur menurunkan kadar melatonin Anda.

Jika Anda tidur dengan kondisi lampu menyala, ini bisa memberikan dampak besar pada regulasi metabolisme sirkadian dan menjadi penyebab kenaikan berat badan. Jadi, jangan lupa matikan TV, telepon dan lampu lainnya ketika tidur malam.

5. Makan tepat waktu

Menurut ahli gizi, waktu makan dan tidur harus dijaga agar tepat waktu. Charlotte Harrison, ahli gizi yang berbasis di London, mengatakan tubuh memiliki ritme sirkadian yang merupakan jam internalnya. Karena itu, waktu makan memiliki banyak pengaruh pada ritme sirkadian kita, jadi makan tepat waktu itu sangat penting.

Komentar