alexametrics

4 Cara Mengatasi Rasa Lapar Menjelang Tidur Beserta Alasannya

Arendya Nariswari
4 Cara Mengatasi Rasa Lapar Menjelang Tidur Beserta Alasannya

Suka kelaparan di malam hari? Yuk, simak alasan dan bagaimana cara mencegahnya agar tubuh tetap sehat.

Suara.com - Duh, godaan makan yang tak ada hentinya terkadang muncul di waktu yang tidak terduga, misalnya saja malam hari menjelang tidur.

Tapi siapa yang mengira, jika kebiasaan makan sebelum tidur ini kurang baik untuk kesehatan tubuh dari seseorang.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa seseorang merasa lapar sebelum pergi tidur. Dan faktanya banyak hal yang wajib diketahui serta dilakukan agar kebiasaan ini tidak berlarut-larut dilakukan.

Nah untuk itu, yuk simak 4 alasan dan cara mengatasi rasa lapar menjelang tidur dari laman Yukepo.com----Jaringan Suara.com berikut ini.

Baca Juga: Pria Syok Teman Lakukan Ini saat Lagi Enak-Enaknya Makan, 'Tertawa dalam Kesedihan'

1. Sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat

Manusia butuh tiga komponen utama, karbohidrat, lemak, dan protein tiap harinya. Boleh mengurangi, tetapi tidak menihilkan sama sekali salah satu dari tiga komponen tersebut.

Apalagi kalau belum terbiasa, kamu bakal merasakan lapar akut di malam hari sebagai sinyal dari tubuh kalau kamu kekurangan nutrisi.

2. Metabolisme yang berbeda

Meski identik dengan hal yang buruk, nyatanya beberapa orang memang punya tipe metabolisme yang unik. Kadang, kamu tetap lapar di malam hari meski kamu sudah makan tiga kali sehari dengan nutrisi lengkap.

Baca Juga: Viral Foto Bule Ganteng Santai Makan di Warteg, Publik Debat Masalah Lauk

Saat lapar melanda, kamu nggak harus serta merta mengabaikannya. Makan tetap boleh kok, tetapi pastikan kamu menghindari makanan yang berminyak. Ganti dengan comfort food yang tinggi protein dan bikin tidur lebih nyenyak seperti sup ayam, jus apel, salad buah, atau kacang-kacangan panggang dengan buah kering.

3. Asupan makanan di pagi hari dan siang kurang

Alasan lapar di malam hari bisa jadi karena kekurangan asupan makanan di pagi dan siang hari. Sarapan sangat disarankan, tetapi buat kamu yang tak biasa makan terlalu pagi, pelan-pelan isi perut dengan makanan-makanan ringan yang bernutrisi. Bisa buah-buahan, yogurt, smoothie, atau telur rebus saja.

Jangan lupa juga tetap makan siang dan makan malam setidaknya 1-2 jam sebelum tidur.

4. Aktivitas harian

Aktivitas harian juga bedampak besar pada jumlah makanan yang kamu konsumsi. Jika sangat padat dan menguras fisik maupun pikiran, makan tiga kali sehari mungkin belum cukup.

Kamu boleh menambah nutrisi dengan makan paling tidak sejam sebelum tidur. Menunya tetap pilih yang sehat dan hindari makanan berminyak yang susah dicerna.

Cara mencegah rasa lapar sebelum tidur

Makan di malam hari bukanlah hal yang tabu. Tidak ada bukti yang menyatakan bahwa makan terlalu malam bisa menaikkan berat badan. Asal patuhi beberapa pesan tadi, konsumsi makanan kaya nutrisi dan rendah minyak, serta makan setidaknya 1-2 jam sebelum tidur.

Namun, jika merasa terganggu dengan rasa lapar tersebut, lakukan pencegahan berikut.

  • Penuhi nutrisi tiap hari dengan makan teratur 2-3 kali sehari
  • Selingi dengan camilan di antara makan besar
  • Jangan tunda untuk ngemil atau minum saat lapar datang selama kamu beraktivitas di pagi hingga sore hari. Dengan begitu, saat malam tubuhmu sudah merasa kenyang dan nyaman
  • Jangan membuat batasan-batasan yang terlalu ketat untuk makanan. Kamu bisa makan apa saja jika memang tidak ada pantangan medis asal dalam jumlah cukup.

Komentar