alexametrics

Penting! Daftar Efek Samping COVID-19 yang Ditemukan oleh CDC

M. Reza Sulaiman
Penting! Daftar Efek Samping COVID-19 yang Ditemukan oleh CDC
Siswa sekolah dasar mendapatkan vaksinasi Covid-19 Pfizer di SDN Karawaci 5, Kota Tangerang, Banten. Senin 18/10. ( Suara.com/ Hilal Rauda Fiqry)

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut vaksin COVID-19 aman dilakukan. Namun, efek samping mungkin akan timbul terhadap sebagian orang.

Suara.com - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut vaksin COVID-19 aman dilakukan. Namun, efek samping mungkin akan timbul terhadap sebagian orang.

“Beberapa orang tidak memiliki efek samping. Banyak orang telah melaporkan efek samping yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi mereka akan hilang dalam beberapa hari,” demikian pernyataan CDC dikutip laman resminya.

Meski mungkin menimbulkan efek samping, akan tetapi CDC merekomendasikan semua orang berusia 12 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin guna membantu melindungi diri dari COVID-19 dan komplikasi terkait yang berpotensi parah yang dapat terjadi.

CDC bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA), serta lembaga terkait lainnya terus memantau keamanan vaksin COVID-19.

Baca Juga: Ingat dari Sekarang! Ini 4 Kebiasaan yang Bikin Kamu Gagal Menabung

INFOGRAFIS: Ketahui Efek Samping Campuran 2 Jenis Vaksin Covid-19!
INFOGRAFIS: Ketahui Efek Samping Campuran 2 Jenis Vaksin Covid-19!

Efek samping yang mungkin terjadi telah dilaporkan ke bagian eksternal Sistem Pelaporan Kejadian Tidak Diinginkan Vaksin (Vaccine Adverse Event Reporting System/VAERS). VAERS menerima laporan tentang efek samping apapun setelah vaksinasi apa pun.

“Laporan efek samping kepada VAERS setelah vaksinasi, termasuk kematian, tidak selalu berarti bahwa vaksin menyebabkan masalah kesehatan. Efek samping yang serius setelah vaksinasi COVID-19 jarang terjadi tetapi dapat terjadi,” ungkap CDC.

Oleh karenanya, untuk kesadaran publik dan demi kepentingan transparansi, CDC memberikan informasi terbaru tentang kejadian buruk yang mungkin terjadi.

1. Anafilaksis

Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Beberapa gejala diantaranya ruam gatal, pembengkakan tenggorokan, dispnea, muntah, kepala terasa ringan, dan tekanan darah rendah.

Baca Juga: Ingat Masa Lalu, Irish Bella Bahagia Kehujanan Bareng Ammar Zoni

Anafilaksis setelah vaksinasi COVID-19 jarang terjadi. Namun ada kasus yang terjadi di Amerika Serikat bahwa terjadi pada sekitar 2-5 orang per satu juta yang divaksinasi.

Komentar