alexametrics

Minum Alkohol Jangka Panjang Bisa Picu Penyakit Mata, Ini Sebabnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Minum Alkohol Jangka Panjang Bisa Picu Penyakit Mata, Ini Sebabnya!
Ilustrasi minuman beralkohol, minum alkohol. (Shutterstock)

Kebiasaan minum alkohol jangka panjang bisa menyebabkan masalah penglihatan.

Suara.com - Kebiasaan minum alkohol tidak hanya berdampak pada kesehatan kognitif, tetapi juga penglihatan Anda. Minum alkohol bisa membuat penglihatan kabur dan ganda.

Karena, minum alkohol ini memperlambat komunikasi antara mata dan otak. Kondisi ini dikenal dengan gangguan penglihatan warna. Nuansa warna tertentu menjadi lebih sulit dibedakan ketika seseorang berada di bawah pengaruh alkohol.

Roshni Patel, seorang ahli optometris dilansir dari Express, menjelaskan efek jangka panjang dari minum alkohol berlebihan. Kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk penurunan penglihatan tepi dan keseluruhan.

Bahkan, minum aklkohol berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit mata kering kronis dan masalah kesehatan mata lainnya, seperti katarak dan degenerasi terkait usia. Kedutan dan mata kering bisa menyebabkan ketidaknyamanan, namun dapat diabaikan tanpa perawatan medis.

Baca Juga: Testis Menyusut, Waspadai Gejala Kanker Hati

Minum alkohol juga berkaitan dengan banyak sekali risiko jangka pendek. Minum alkohol sering dikaitkan dengan kecelakaan kendaraan, kekerasan, dan perilaku berisiko seksual.

ilustrasi minum alkohol (shutterstock)
ilustrasi minum alkohol (shutterstock)

Minuman beralkohol paling berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi, ada metode yang bisa digunakan untuk mengontrol asupan alkohol, yakni menghitung seberapa cepat dan banyaknya minuman beralkohol yang dikonsumsi.

Metode lainnya adalah mengalihkan keinginan minum alkohol dengan mengonsumsi minuman jenis lainnya. Selain itu, Anda juga bisa makan dengan baik sebelum minum alkohol agar tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Namun, perlu dipahami bahwa kebiasaan minum alkohol ini juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental yang buruk dalam jangka panjang.

Jika Anda atau orang di sekitar sedang berusaha berhenti minum alkohol, Anda bisa meminta bantuan medis untuk berhenti minum alkohol.

Baca Juga: Waspada! Sering Merasa Lemas Bisa Jadi Gejala Diabetes

Komentar