alexametrics

Perusahaan Ini Klaim Antibodi Monoklonal Dapat Bertahan pada Semua Jenis Virus Corona

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Perusahaan Ini Klaim Antibodi Monoklonal Dapat Bertahan pada Semua Jenis Virus Corona
Ilustrasi Covid-19. [Xinhua via DW]

Menurutnya, antibodi ini dapat membantu pandemi virus corona di masa depan.

Suara.com - Presiden dan CEO Vir Biotechnology, George Scangos, mengumumkan pada Rabu (17/11/2021) bahwa pengobatan Covid-19 antibodi monoklonal yang ia produksi dapat bertahan dengan baik untuk semua varian virus.

Pengumuman ini muncul setelah Vir Biotechnology dan GlaxoSmithKline (GSK) bekerja sama menjual produk antibodi mereka, yang disebut sotrovimab, senilai 1 miliar USD (sekitar Rp 14,2 triliun) kepada pemerintah Amerika Serikat, lapor CNBC.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberi izin penggunaan antibodi ini untuk mengobati Covid-19 ringan hingga sedang pada orang dewasa dan anak-anak.

Antibodi ini diberikan secara intravena atau suntikan dan menargetkan protein lonjakan virus corona, mencegahnya menempel dan menembus sel manusia.

Baca Juga: Gelombang Ketiga Virus Corona Ancam Indonesia, Ini Antisipasi yang Dilakukan Kemenkes

"Tentu saja antibodi ini tidak hanya efektif melawan Covid, tetapi juga melawan SARS, serta banyak virus corona lainnya," jelas Scangos.

Tes Antibodi Covid-19. [Shutterstock]
Tes Antibodi Covid-19. [Shutterstock]

Menurutnya, antibodi ini dapat membantu pandemi virus corona di masa depan.

Scangos juga menjelaskan bahwa sotrovimab kemungkinan dapat melindungi dari varian virus baru yang muncul, seperti varian delta yang saat ini sedang beredar di beberapa negara.

"Mutasi di masa depan, bahkan bisa menjadi varian delta, mirip dengan delta plus subvarian, yang mulai dipantau oleh pejabat Inggris dalam peningkatan jumlah kasus pada musim gugur ini," sambungnya.

Delta plus memiliki dua mutasi pada protein lonjakan yang digunakan untuk masuk ke dalam tubuh, tetapi subtipe tersebut belum berevolusi cukup jauh melampaui delta asli untuk dianggap sebagai variannya sendiri.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Covid-19 Bisa Berupa Diare, Ketahui Sebabnya!

Vir dan GSK telah menerima pesanan untuk 750.000 dosis pengobatan antibodi mereka di seluruh dunia.

Komentar