alexametrics

Bolehkah Berhubungan Seks Setelah Suntik Vaksin Covid-19? Ini Saran Ahli!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Bolehkah Berhubungan Seks Setelah Suntik Vaksin Covid-19? Ini Saran Ahli!
Ilustrasi berhubungan seks, hubungan seks (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

Ahli memberikan saran tentang berhubungan seks setelah suntik vaksin Covid-19.

Suara.com - Suntik vaksin Covid-19 bisa menimbulkan sejumlah efek samping, seperti kelelahan, nyeri di lengan yang disuntik, demam dan lainnya. Sehingga, ada beberapa hal yang harus dihindari seseorang setelah suntik vaksin Covid-19.

Tapi, larangan-larangan setelah suntik vaksin Covid-19 ini masih menimbulkan banyak perdebatan. Banyak orang masih bingung soal hal-hal yang memang harus dihindari dan tidak setelah suntik vaksin Covid-19.

Salah satunya, banyak orang mungkin khawatir untuk melakukan hubungan seks setelah suntik vaksin Covid-19. Mereka mungkin khawatir aktivitas seksual ini akan mempengaruhi kinerja vaksin atau justru memicu gejala yang lebih berat.

Sementara ini, belum ada pedoman resmi mengenai berhubungan seks setelah suntik vaksin Covid-19. Tetapi, para ahli medis menyarankan bahwa pria dan wanita harus menggunakan kontrasepsi setelah mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19.

Baca Juga: Dokter Temukan Gejala Aneh Virus Corona Covid-19 pada Pasien Kanker

"Virus corona Covid-19 adalah virus baru dan vaksin yang dikembangkan bertujuan menetralisirnya. Tapi, masih belum jelas vaksin Covid-19 ini akan memicu efek samping jangka panjang atau tidak," kata Dr Deepak Verma, penyakit dalam, Rumah Sakit Columbia Asia, Ghaziabad dikutip dari Indian Express.

ilustrasi vaksinasi COVID-19. [Envato Elements]
ilustrasi vaksin COVID-19. [Envato Elements]

Dr Deepak pun belum bisa memastikan efek samping vaksin Covid-19 ini bisa mempengaruhi pria dan wanita melakukan hubungan seksual atau tidak.

Tapi, larangan melakukan hubungan seks bagi orang yang suntik vaksin juga tak meungkinkan. Meski begitu, dokter menekankan bahwa tindakan pencegahan adalah perlindungan terbaik dalam situasi sekarang ini.

"Saya menyarankan pria dan wanita untuk menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom setidaknya selama 2 hingga 3 minggu setelah suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua. Karena, cairan tubuh akan slaing bersentuhan ketika berhubungan seks," kata Dr Deepak.

Karena efek vaksin Covid-19 pada tubuh masih belum banyak diketahui, penggunaan kondom salah satu langkah terbaik dan paling hemat biaya untuk melindungi diri kita.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Antivirus Nabati untuk Lawan Varian Virus Corona Covid-19

Selain itu, Dr Deepak juga menyarankan semua wanita yang boleh suntik vaksin Covid-19 untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum diinokulasi.

Komentar