alexametrics

Mantan Komisaris FDA Ungkap Varian Omicron Hampir Dipastikan Sudah Masuk AS

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Mantan Komisaris FDA Ungkap Varian Omicron Hampir Dipastikan Sudah Masuk AS
Ilustrasi virus corona omicron (Pixabay/mohamed_hassan)

Amerika Serikat akan membatasi perjalanan dari 8 negara di Afrika.

Suara.com - Setelah pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan menyebar ke Eropa, kini hampir dipastikan bahwa varian baru virus corona Omicron juga telah ditemukan di Amerika Serikat. Hal ini diungkap oleh Mantan Komisioner Food and Drug Administration (FDA), Dr. Scott Gottlieb.

“Ya, hampir pasti sudah ada di sini. Melihat jumlah kasus yang keluar dari pesawat akhir pekan ini, hampir pasti ada kasus (virus Omicron) yang masuk ke Amerika Serikat,” ungkapnya, melansir Insider.

Varian Omicron ini, dipastikan oleh para pakar kesehatan masyarakat sebagai varian virus corona yang lebih menular dan berbahaya dibanding jenis varian lainnya.

Sebelumnya, dua kasus varian Omicron telah terdeteksi di Inggris. Selain itu, varian baru ini juga telah terdeteksi di Israel, Botswana, Hongkong, dan juga Belgia.

Baca Juga: Varian Baru Omicron Ditemukan di Kanada, Pertama di Amerika Utara

Saat ini, Amerika Serikat segera akan membatasi perjalanan dari delapan negara di Afrika pada Senin hari ini (29/11/2021), yaitu Afrika Selatan, Zimbabwe, Botswana, Lesotho, Mozambik, Eswatini, Malawi, dan Namibia.

Gottlieb mengatakan bahwa pembatasan itu sudah pasti akan sangat memberatkan aktivitas masyarakat. Karena itu, agar lebih efektif, ia menyarankan untuk terus memberlakukan persyaratan vaksinasi dan menunjukkan hasil tes PCR negatif dalam kurun waktu 24 jam sebelum perjalanan.

Komentar