facebook

10 Resolusi Tahun Baru Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
10 Resolusi Tahun Baru Sehat yang Bisa Kamu Terapkan
Ilustrasi Resolusi Tahun Baru (Pixabay.com)

Belum punya resolusi tahun baru? Coba sepuluh resolusi sehat berikut!

Suara.com - Membuat resolusi adalah salah satu tradisi paling populer yang dilakukan seseorang memasuki tahun baru. Salah satunya adalah resolusi sehat.

Namun, para ahli berulang kali menunjukkan bahwa alasan utama mengapa orang gagal mencapai resolusi tahun baru mereka adalah karena tujuan mereka terlalu berat.

Nah, jika kamu juga sedang membuat resolusi tahun baru, buatlah secara bertahap sejak bulan pertama. Berikut adalah 10 resolusi sehat yang bisa kamu ikuti, seperti dilansir Boldsky.

1. Tidur Nyenyak
Tidur berperan penting dalam kesehatan, dan kurang tidur dapat mengakibatkan konsekuensi kesehatan yang serius. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, penyakit jantung, dan depresi. Penting untuk mengevaluasi jadwal dan gaya hidupmu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur untuk menentukan metode yang paling efektif

Baca Juga: Selamat Tahun Baru 2022: Dipenuhi Doa dan Harapan Baik

2. Buat Lebih Banyak Makanan Rumahan
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memasak lebih banyak makanan di rumah memiliki kualitas diet yang lebih baik dan lebih sedikit lemak tubuh daripada mereka yang makan lebih banyak saat bepergian. Buatlah satu kali sehari pada awalnya, kemudian secara bertahap tingkatkan frekuensinya sampai sebagian besar makanan dan camilanmu disiapkan di rumah.

3. Berbelanja Secara Teratur untuk Bahan Makanan
Kamu memerlukan dapur dan lemari es yang lengkap untuk menyiapkan makanan rumahan yang sehat. Membuat resolusi tahun baru untuk berbelanja bahan makanan lebih sering mungkin merupakan ide yang bagus jika kamu tidak terbiasa membeli bahan makanan.

4. Konsumsi Lebih Banyak Produk Segar
Dengan memasukkan lebih banyak sayuran dan buah-buahan yang segar ke dalam dietmu di tahun baru, kanu dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan. Telah dibuktikan dalam banyak penelitian bahwa makan makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker tertentu, dan obesitas, serta kematian secara keseluruhan.

5. Mengkonsumsi Lebih Banyak Makanan Utuh
Mengkonsumsi lebih banyak makanan utuh adalah salah satu cara paling sederhana dan paling berkelanjutan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Proses menambahkan lebih banyak makanan utuh ke dalam diet dapat dicapai secara bertahap dan konsisten. Misalnya, cobalah menambahkan satu porsi sayuran favoritmu ke dalam diet setiap hari jika kamu tidak terbiasa makan sayuran.

6. Batasi Makanan Cepat Saji atau Restoran
Untuk makanan cepat saji atau camilan, banyak orang beralih ke makanan ringan, seperti keripik kemasan, kue kering, makan malam beku, dan makanan cepat saji. Namun, meskipun makanan ini mungkin enak dan mudah didapat, makanan ini dapat merusak kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Oleh karena itu, kamu mungkin ingin membuat resolusi untuk menyiapkan lebih banyak makanan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat untuk mengurangi konsumsi makanan yang praktis.

Baca Juga: Cara Terbaik Agar Resolusi 2022 Dapat Terwujud

7. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu di Luar Ruangan
Dengan meningkatkan waktu yang dihabiskan di luar, kamu dapat meningkatkan kesehatan dengan mengurangi stres, meningkatkan suasana hatimu, dan bahkan menurunkan tekanan darah. Resolusi tahun baru untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan setiap hari dapat bermanfaat bagi kebanyakan orang, di mana pun kamu tinggal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar