facebook

Orangtua Positif Virus Corona Covid-19, Ini 5 Langkah Lindungi Anak!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Orangtua Positif Virus Corona Covid-19, Ini 5 Langkah Lindungi Anak!
Ilustrasi virus corona Covid-19, anak-anak Covid-19 (Pixabay/educadormarcossv)

Banyak orangtua yang positif virus corona Covid-19 mungkin kebingungan merawat anak-anaknya ketika harus isolasi mandiri.

Suara.com - Anak-anak termasuk salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi virus corona Covid-19, tetapi belum sepenuhnya mendapatkan vaksin Covid-19.

Meskipun anak-anak yang terinfeksi virus corona Covid-19 cenderung tidak menunjukkan gejala parah, mereka masih bisa berisiko menyebarkan virus corona ke kelompok orang yang berisiko tinggi, seperti orang dewasa yang lebih tua dan orang yang memiliki masalah kesehatan mendasar.

Karena itu, orangtua harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi diri mereka dan anak-anaknya.

Tapi, Anda sebagai orangtua mungkin akan kebingungan ketika diri sendiri sedang terinfeksi virus corona Covid-19 dan tetap harus menjaga anak-anak.

Baca Juga: Gejala Kanker Prostat, Waspadai 7 Tanda-tanda Ini saat Buang Air Kecil!

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga anak-anak tetap aman selama terinfeksi virus corona Covid-19.

Ilustrasi Anak-Anak. (pexels/@samerdaboul)
Ilustrasi Anak-Anak. (pexels/@samerdaboul)

1. Pisahkan diri Anda dari anak-anak dan isolasi mandiri selama 10 hari

Jika seseorang mengalami infeksi virus corona Covid-19 ringan, mereka cenderung mengalami gejala seperti demam, batuk, kelelahan, kehilangan indera penciuman dan perasa. Dalam kasus infeksi varian Omicron, mereka mungkin mengalami tenggoroakn gatal dan nyeri tubuh.

Namun, jika Anda telah dites positif terkena virus, jauhkan diri Anda dari anak-anak Anda dan isolasi mereka di ruangan yang terpisah. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan mengisolasi diri selama 10 hari setelah hasil tes positif.

2. Pantau gejala Anda berkembang buruk atau tidak

Baca Juga: Delmicron vs Varian Omicron, Lakukan Tindakan Pencegahan Ini!

Selama periode isolasi mandiri di rumah, Anda bisa memantau gejala virus corona Covid-19 itu secara teratur. Gejala virus corona diketahui berfluktuasi dari waktu ke waktu yang mungkin tampak tidak serius dan bisa menyebabkan komplikasi.

Jika Anda mengalami sesak napas, kesulitan bernapas, nyeri dada atau komplikasi lainnya, segeralah mencari bantuan medis.

3. Pakai masker setiap waktu dan ajak anak melakukan hal yang sama

Pastikan Anda selalu memakai masker dan menjaga kebersihan tangan selama di dalam ruamah. Penelitian menemukan bahwa virus corona bisa menyebar melalui udara dan paling menular di lingkungan dalam ruangan.

Jangan lupa, Anda juga perlu mengajak anak melakukan hal yang sama meskipun hanya di dalam rumah, yakni mencuci tangan dan memakai masker.

4. Hindari berbagi barang pribadi

Dalam kasus karantina di rumah, pastikan Anda tidak berbagi barang-barang pribadi amupun barang rumah tangga dengan anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Pastikan Anda memakai peralatan yang terpisah dengan mereka. Anda bisa menggunakan barnag-barang sekali pakai agar bisa langsung di buang dan meminimalisir terjadinya pertukaran barang.

5. Panggil seseorang yang bisa dipercaya menjaga anak

Jika Anda adalah orang tua tunggal atau Anda dan pasangan telah dinyatakan positif virus corona, maka cobalah hubungan kerabat atau seseorang yang bisa dipercaya menjaga anak-anak.

Anda bisa menghubungi anggota keluarga yang lain atau teman terdekat yang bisa dipercaya untuk menjaga anak-anak sampai hasil tes negatif virus corona Covid-19.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar