facebook

Fenita Arie Panik Anaknya Terkena Infeksi Bakteri, Apakah Bersifat Menular?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Fenita Arie Panik Anaknya Terkena Infeksi Bakteri, Apakah Bersifat Menular?
Arie Untung bersama istri, Fenita Arie [YouTube Untungs]

Fenita Arie panik anak bungsunya terkena infeksi bakteri setelah dirinya dan Arie Untung sembuh.

Suara.com - Anak bungsu Arie Untung dan Fenita Arie harus menjalani perawatan medis di rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang menurun akibat infeksi bakteri.

Sebelum anak bungsu mereka jatuh sakit, Arie Untung dan Fenita Arie lebih dulu jatuh sakit. Pada saat itu, anak bungsunya, Athalla justru masih terlihat baik-baik saja.

"Awalnya tuh Khaila demam buang-buang air, muntah. Kami semua sekeluarga gejalanya sama, tapi alhamdulillah kami satu dua hari sudah sembuh. Nah Athalla waktu itu baik-baik aja," ujar Fenita Arie, mengutip dari YouTube Cerita Untungs yang diunggah Minggu (2/1/2022).

Setelah mereka sembuh, Athalla mulai mengeluhkan sakit perut malam hari. Ia pun muntah tanpa henti sampai pucat pasi sehingag dilarikan ke IGD.

Baca Juga: CDC: Masa Inkubasi Virus Corona Omicron Lebih Pendek, Hanya 3 Hari!

Infeksi bakteri yang dialami anak bungsu Fenita Arie ini bisa terjadi ketika bakteri masuk ke daalm tubuh dan mengganggu kesehatan.

Fenita Arie bersama anak bungsunya, Mizbareta Yusuf Attallah. [Instagram]
Fenita Arie bersama anak bungsunya, Mizbareta Yusuf Attallah. [Instagram]

Sebenarnya dilansir dari Hellosehat, semua orang memiliki banyak bakteri di dalam tubuh, terutama di usus untuk membantu mencerna makanan. Tapi, ada beberapa bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Kondisi ini biasanya membutuhkan penanganan dan pengobatan khusus infeksi bakteri, yang berbeda dengan infeksi virus.

Anda juga perlu memahami bahwa penyakit ini pun bisa menular ke orang lain. Penularan infeksi bakteri bisa terjadi ketika bakteri berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Penularan infeksi bakteri ini bisa terjadi secara langsung, tidak langsung dan melalui perantara. Berikut ini, beberapa proses penularan infeksi bakteri.

Baca Juga: Masuki Tahun Baru Kasus Virus Corona di China Ada 161 Kasus, Turun dari Kasus Sebelumnya

1. Sentuhan

Infeksi bakteri bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui sentuhan. Saat Anda menyentuh tangan orang yang terinfeksi atau menyentuh barang yang sudah terkontaminasi, Anda bisa tertular bakteri.

2. Droplet

Infeksi bakteri juga bisa menular melalui percikan atau droplet ketika orang batuk dan bersin, sehingga mereka menciptakan tetesan cairan pernapasan yang membawa bakteri.

3. Penularan di udara

Penularan infeksi bakteri melalui udara bisa terjadi bila partikel kecil bertahan pada arus udara dalam jarak jauh. Penularan melalui udara ini juga bisa terjadi ketika ornag yang sakit batuk, berbicara atau bersin.

4. Penularan melalui luka

Cedera akibat benda tajam yang membentuk luka juga bisa menjadi termpat penularan infeksi bakteri. Karena, bakteri bisa menginfeksi darah pada luka dan menyebabkan penyakit.

5. Serangga

Infeksi bakteri juga bisa menular melalui serangga. Misalnya, nyamuk atau kutu yang menghisap darah orang yang terinfeksi bisa menularkannya ke orang lain.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar