facebook

Ibu Hamil Tak Boleh Makan Pepaya, Ternyata Ini Risikonya

Bimo Aria Fundrika | Aflaha Rizal Bahtiar
Ibu Hamil Tak Boleh Makan Pepaya, Ternyata Ini Risikonya
Ilustrasi pepaya (Unsplash/Happy Patel)

Pepaya juga memiliki sumber folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, dan serat yang baik, sambungnya, melansir Healthshots.

Suara.com - Setiap buah-buahan mengandung sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satunya pepaya juga telah menjadi buah yang dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Buah ini disebut mengandung vitamin C dan vitamin A.

“Pepaya adalah buah berari yang rendah kalori dan kaya akan vitamin C dan A. Memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti pencegahan asma dan sifat anti-kanker, buat ini dapat menangkal degenerasi makula,” ungkap Konsultan Ahli Gizi dari Rumah Sakit Ibu Dr. Aditi Mudaliyar.

“Pepaya juga memiliki sumber folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, dan serat yang baik,” sambungnya, melansir Healthshots.

Di samping itu, buah ini juga memiliki vitamin B, alfa, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, vitamin E, kalsium, vitamin K, likopen serta antioksidan yang kuat. Bahkan, beberapa kandungan ini juga sering dikaitkan dengan tomat.

Baca Juga: Manfaat Sholawat Nabi Bisa Jadi Doa Agar Cepat Hamil

Ilustrasi pepaya.

Walaupun bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tidak semua orang bisa mengonsumsi buah tersebut. Ini alasannya!

Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, sebaiknya hindari mengonsumsi pepaya mentah atau setengah matang saat masa kehamilan. Dikarenakan, itu bisa menyebabkan kontraksi rahim. Disarankan hindari makan pepaya selama tahap awal kehamilan, kecuali jika sudah matang sepenuhnya. Di sisi lain, wanita yang memiliki riwayat aborsi dan pernah keguguran sebelumnya, disarankan jangan konsumsi pepaya.

Berisiko Mengalami Batu Ginjal

Ada yang mengklaim bahwa pepaya dapat membantu mengontrol kadar kreatinin darah serta meredakan kram otot. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi buah pepaya, meski memiliki vitamin C yang kuat, risikonya bisa menyebabkan batu ginjal.

Baca Juga: 6 Artis yang Tutupi Kehamilan, Bikin Penggemar Penasaran

Menyebabkan Alergi Lateks

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar