facebook

Beda dengan Pria, Ini Gejala Serangan Jantung pada Wanita!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Beda dengan Pria, Ini Gejala Serangan Jantung pada Wanita!
Ilustrasi Serangan Jantung/freepik/jcomp

Wanita mengalami gejala serangan jantung yang berbeda dengan pria.

Suara.com - Umumnya, gejala serangan jantung adalah nyeri dada yang berupa dada terasa seperti diperas atau ditekan oleh benda yang berat.

Tapi, wanita mungkin mengalami gejala serangan jantung yang berbeda. American Heart Association (AHA) telah menguraikan sejumlah tanda serangan jantung pada wanita.

Tanda serangan jantung pada wanita ini termasuk tekanan yang tidak nyaman pada dada, rasa penuh dan nyeri di bagian tengah dada yang bisa berlangsung beberapa menit atau hilang dan kembali lagi.

Mereka juga bisa mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut dan sesak napas dengan atau tanpa ketidaknyamanan dada.

Baca Juga: Seberapa Parah Virus Corona Covid-19 pada Anak 2 Tahun? Waspadai Gejalanya!

"Wanita juga bisa mengalami gejala lain, seperti berkeringat dingin, mual atau pusing," kata AHA dikutip dari Express.

Ilustrasi serangan jantung. [Envato]
Ilustrasi serangan jantung. [Envato]

AHA menjelaskan gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan, sama seperti pria.

Tetapi, wanita cenderung lebih mungkin mengalami gejala umum serangan jantung lainnya, termasuk sesak napas, mual atau muntah dan nyeri punggung atau rahang.

NHS mencatat bahwa nyeri dada seringkali parah dan beberapa orang mungkin hanya mengalami nyeri ringan, mirip dengan gangguan pencernaan.

"Dalam beberapa kasus, mereka mungkin tidak mengalami nyeri dada sama sekali, terutama pada wanita, orang tua, dan orang yang menderita diabetes," jelasnya.

Baca Juga: Benarkah Cuci Hidung Efektif Cegah Penularan Virus Corona? Ini Kata Ahli

British Heart Foundation (BHF) mengatakan bahwa wanita cenderung tidak segera menghubungi petugas medis setelah mengalami gejala serangan jantung. Hal ini meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung di antara wanita.

AHA mengatakan beberapa serangan jantung terjadi secara intens. Meskipun, sebagian besar dimulai secara perlahan dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan ringan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar