facebook

WHO Sebut Pandemi Covid-19 di Negara Ini Akan Segera Berakhir, Kenapa?

Bimo Aria Fundrika
WHO Sebut Pandemi Covid-19 di Negara Ini Akan Segera Berakhir, Kenapa?
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Dr David Nabarro, utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Covid-19, mengatakan sekarang ada "cahaya di ujung terowongan" bagi Inggris.

Suara.com - Seorang ahli memperkirakan ahwa Pandemi Covid-19 di Inggris mungkin akan segera berakhir, Meski demikian penasihat ilmiah pemerintah memperingatkan bahwa klaim virus itu menjadi endemik terlalu dini.

Dr David Nabarro, utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Covid-19, mengatakan sekarang ada "cahaya di ujung terowongan" bagi Inggris dalam mengatasi penyakit itu.

Komentar itu ia lontarkan ketika penerimaan pasien di rumah sakit nasional turun untuk hari keenam berturut-turut pada hari Senin, dari 2.180 menjadi 1.604.

Namun, penerimaan pasien terus meningkat di timur laut, barat laut dan barat daya, dan NHS mengatakan mereka memperkirakan tren itu akan berlanjut selama satu hingga dua minggu ke depan.

Baca Juga: PM Inggris Wacanakan Pasien COVID-19 Tak Perlu Isolasi Mandiri, Berbahaya atau Tidak?

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

Data terbaru menunjukkan penurunan 38 persen selama tujuh hari terakhir di seluruh Inggris dalam jumlah yang dites positif untuk Covid-19, dengan 70.924 kasus baru dilaporkan pada hari Minggu.

Angka-angka itu muncul ketika para menteri diperkirakan akan mencabut pembatasan Covid minggu depan setelah peninjauan. Nadhim Zahawi, sekretaris pendidikan, mengatakan ada pertanda positif langkah-langkah rencana B dapat dicabut.

“Jika Anda melihat tingkat infeksi, mereka tetap tinggi, rawat inap masih tinggi, menyentuh 20.000 orang di rumah sakit, tetapi rasanya seperti stagnan,” katanya kepada BBC Breakfast.

Profesor Mike Tildesley, dari Universitas Warwick dan anggota kelompok Pemodelan Influenza Pandemi Ilmiah (Spi-M), mengatakan angka kasus terbaru adalah kabar baik yang mesti disikapi dengan hati-hati. Dia berharap bahwa Covid-19 akan seperti flu di tahun depan. 

Namun, beberapa anggota Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat pemerintah memperingatkan pada hari Minggu bahwa Covid-19 belum pada tahap endemik Inggris, dan bahkan jika tahap itu tercapai, itu tidak berarti dampak virus akan kurang parah di masa depan.

Baca Juga: Salah Satu Kepala Seksi di Sudin Citata Jakarta Pusat Positif COVID-19, Pegawai WFH

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar