facebook

Tertular Virus Corona Covid-19 Tanpa Kontak Dekat dengan Pasien Positif, Bagaimana Bisa Seperti Itu?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Tertular Virus Corona Covid-19 Tanpa Kontak Dekat dengan Pasien Positif, Bagaimana Bisa Seperti Itu?
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Pixabay)

Ada beberapa alasan seseorang tertular virus corona Covid-19 tanpa kontak dekat dengan pasien positif virus corona.

Suara.com - Banyak orang mungin bertanya-tanya penyebab dirinya tertular virus corona Covid-19 tanpa kontak dekat dengan pasien positif virus corona.

Anda pasti sudah tahu bahwa virus corona Covid-19 bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui jarak dekat.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa penyebab orang terinfeksi virus corona Covid-19 tanpa kontak dekat dengan orang sakit.

1. Kontak dengan orang pra-gejala

Baca Juga: Benarkah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Tinja? Ini Temuan Ahli

Orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 cenderung lebih menularkan virusnya 2-3 hari sebelum mereka mengembangkan gejala.

Kondisi ini adalah di mana seseorang terinfeksi virus corona Covid-19 terlebih dahulu dan mengembangkan gejala kemudian hari disebut sebagai fase pra-gejala.

Orang dalam kondisi pra-gejala ini bisa menularkan virus corona Covid-19 dalam tubuh ke orang lain yang berada di dekatnya.

Ilustrasi Virus Corona Covid0-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

2. Tidak jaga jarak

Jika Anda berada dalam jarak dekat dengan orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak jaga jarak dengan orang lain, Anda akan lebih mudah tertular.

Baca Juga: Masih Bisa Terinfeksi Virus Corona, Lalu Apa Gunanya Vaksin Covid-19?

Virus corona Covid-19 menyebar melalui partikel cairan kecil dati batuk, bersin atau pernapasan orang yang terinfeksi dalam jarak dekat.

Begitu seseorang bersentuhan dengan partikel cairan yang ada di udara, virus corona bisa masuk ke tubuh orang yang tidak terinfeksi melalui mata, hidung dan mulut.

Risiko infeksi virus corona Covid-19 bisa meningkat ketika Anda berada di tempat dalam ruangan yang berventilasi buruk atau ramai.

3. Kontak dengan orang pembawa virus tanpa gejala

Setiap orang yang terinfeksi virus corona tidak selalu menunjukkan gejala. Orang tanpa gejala sering tidak sadar ada virus corona dalam dirinya.

Jika Anda berhubungan dengan orang yang tidak mengalami gejala, Anda berisiko tertular virus corona Covid-19 dari orang tersebut.

"Seseorang dengan virus corona Covid-19 masih bisa menularkan penyakitnya 48 jam sebelum mengalami gejalanya. Faktanya, orang tanpa gejala lebih mungkin menyebarkan penyakit karena mereka tidak mungkin mengisolasi diri dan mencegah penyebaran," kata Harvard Health.

4. Jarang melakukan tes Covid-19

Tes Covid-19 salah satu cara paling akurat untuk mendeteksi adanya virus corona Covid-19. Karena, gejala virus corona Covid-19 sering tumpang tindih dengan masalah kesehatan lain, seperti flu biasa.

Pada kasus orang tanpa gejala, tes Covid-19 salah satu cara paling tepat untuk memastikannya. Karena itu, tes Covid-19 salah satu alat skrining.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar