facebook

Apa Itu Nocebo? Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Muncul Akibat Sugesti

Chyntia Sami Bhayangkara
Apa Itu Nocebo? Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Muncul Akibat Sugesti
Ilustrasi efek samping vaksin Covid-19, apa itu nocebo (pexels)

Tahukah kamu ternyata banyak orang yang merasakan efek samping vaksin Covid-19 itu hanyalah efek nocebo? Apa itu nocebo? Simak ulasannya berikut!

Suara.com - Penerima vaksin Covid-19 seringkali mengeluhkan mengalami beberapa efek samping. Namun, tahukah kamu ternyata banyak orang yang merasakan efek samping vaksin Covid-19 itu hanyalah efek nocebo? Apa itu nocebo?

Apa itu nocebo? Efek nocebo adalah kebalikan dari efek plasebo, di mana seseorang mengalami efek samping vaksin Covid-19 yang negatif.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai apa itu nocebo sebagai salah satu efek samping vaksin Covid-19.

Apa Itu Nocebo?

Baca Juga: Nakes Diduga Suntik Vaksin Kosong ke Anak SD, Begini Kata Dinkes Medan

Berdasarkan laporan dari Science ALert, efek nocebo muncul karena sugesti. Hal tersebut menunjukkan kekuatan pikiran manusia terhadap fisik.

Sebagai contoh, Anda baru saja selesai disuntik vaksin Covid-19. Anda merasakan efek samping vaksin Covid-19 setelah Anda diberitahu apa saja efek sampingnya.

Tim peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC), Boston melakukan 12 uji klinis acak terkontrol plasebo. Hasilnya kemungkinan orang-orang mengalami nocebo setelah vaksin Covid-19 mencapai 64 persen.

Sebanyak 12 uji klinis yang dipelajari tim termasuk total 45.380 pasien. Dari jumlah tersebut 22.802 diberikan vaksin asli dan sisanya 22.578 pasien diberi plasebo. Tidak satu pun dari pasien tahu apakah mereka diberi vaksin atau plasebo.

Setelah injeksi pertama, 46,3 persen pasien melaporkan efek samping sistemik, yakni efek yang memengaruhi seluruh tubuh, seperti sakit kepala dan kelelahan. Sementara 66,7 persen pasien melaporkan efek samping lokal, seperti nyeri atau bengkak di tempat suntikan.

Baca Juga: Polisi Periksa Nakes Diduga Suntik Vaksin Kosong ke Anak SD

Tetapi pasien plasebo juga mengalami efek samping. Sebanyak 35,2 persen melaporkan efek sistemik dan 16,2 persen melaporkan efek lokal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar