facebook

7 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Ini Kebaikan yang Bakal Didapat Jika Rutin Dikonsumsi

Arendya Nariswari
7 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Ini Kebaikan yang Bakal Didapat Jika Rutin Dikonsumsi
Ilustrasi gambar (freepik)

Susu kedelai sering digunakan sebagai pengganti susu sapi perah. Adapun 7 manfaat susu kedelai yaitu sebagai berikut

Suara.com - Susu kedelai bukanlah susu seperti yang kita kenal. Susu kedelai sering digunakan sebagai pengganti susu sapi perah. Bagi yang suka susu kedelai, berikut ini 7 manfaat susu kedelai untuk kesehatan.

Diketahui, kacang kedelai adalah spesies legum (Glycine max) asli Asia timur yang telah digunakan sebagai tanaman pangan sejak sekitar 1700 SM di timur laut Cina. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak di bawah ini 7 manfaat susu kedelai  berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Sumber Protein

Baca Juga: Balita Obesitas, Bolehkah Melakukan Diet untuk Menurunkan Berat Badan?

Cobalah memasukkan susu kedelai dalam diet Anda sebagai sumber protein. Kandungan protein dalam kedelai berguna dalam menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Setiap cangkir susu kedelai tanpa pemanis menyediakan 7 gram protein, menurut USDA. Sebagai referensi, segelas susu 2 persen mengandung 8 gram protein.

2. Mencegah Risiko Kanker Payudara

Sempat beredar informasi bahwa isoflavo dari makanan kedelai yakni sebuah fitoestrogen diklaim meningkatkan risiko kanker payudara. Kendati demikian, pernyataan ini langsung dibantah oleh American Cancer Society.

Sebuah studi Februari 2020 yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology menambahkan temuan konsensus ini bahwa minum susu kedelai tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara dan sebenarnya dapat membantu melindunginya.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Baca Juga: Demi Bisa Menemani Anak di Taman Bermain, Wanita Ini Menurunkan Berat Badan hingga 50 Kg Dalam Setahun!

Minum susu kedelai membantu meningkatkan asupan kalsium dan zat besi. Tubuh Anda bergantung pada kalsium dari makanan Anda untuk mempertahankan jaringan tulang yang padat dan kuat. Tanpa itu, tubuh Anda menggunakan tulang Anda sebagai sumber kalsium, yang dapat mengurangi kepadatan tulang Anda dari waktu ke waktu.

4. Vegan

Kedelai menyediakan protein - manfaat yang signifikan bagi vegan atau siapa pun yang mengikuti diet rendah protein hewani. Kedelai tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Produk dengan kedelai juga memberikan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin D dan vitamin A.

5. Memperkuat Integritas Pembuluh Darah

Asam lemak omega-3 dan omega-6 serta fito-antioksidan yang kuat dalam kedelai dapat secara efektif melindungi pembuluh darah Anda dari luka dan pendarahan. Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan Anda dari serangan radikal bebas dan timbunan kolesterol. 

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak di usus Anda, yang merupakan keuntungan besar lainnya untuk menurunkan berat badan. Minum susu kedelai juga memberi Anda dosis ekstra serat, membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai adalah sumber yang kaya akan fitoestrogen, hormon tanaman unik yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Menurunnya kadar testosteron yang signifikan bermanfaat dalam mengurangi berkembangnya kanker prostat. 

Demikian informasi mengenai 7 manfaat susu kedelai yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar