facebook

Inilah 6 Kebiasaan Makan yang Akan Membuatmu Terlihat Sepuluh Tahun Lebih Muda

Vania Rossa
Inilah 6 Kebiasaan Makan yang Akan Membuatmu Terlihat Sepuluh Tahun Lebih Muda
Rutin Konsumsi Alpukat Dapat Membantumu Terlihat Lebih Muda. (Shutterstock)

Apa yang kamu makan ternyata sangat menentukan seperti apa tampilan kulitmu saat ini.

Suara.com - Ya, pertambahan usia memang berperan dalam proses penuaan. Tapi, proses penuaan juga dipengaruhi oleh faktor lainnya, di antaranya adalah gaya hidup dan kebiasaan makan.

Jika kamu ingin memiliki tampilan sepuluh tahun lebih muda dari usia sebenarnya, coba ikuti kebiasaan makan yang direkomendasikan ahli diet berikut, seperti dilansir dari laman Eat This.

1. Tambahkan lebih banyak sumber protein nabati ke dalam makanan
Protein nabati tidak hanya membantu membangun otot, tetapi juga membuatmu tampak lebih muda. Protein merupakan komponen penting dari kolagen, semacam pondasi penting di kulit yang membantu menjaganya tetap kencang, elastis, dan terlihat awet muda. Demikian dikatakan ahli kesehatan Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT dari The Nutrition Twins, pendiri The 21-Day Body Reboot.

Mitchelle Wright, RDN, ahli gizi dan pendiri Kitchenvile.com menyebutkan manfaat lain dari kolagen. Katanya, kolagen dibentuk secara alami di dalam tubuh, tetapi dipecah dan diproduksi kurang efektif seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 9 Artis Menikah dengan Pria Lebih Muda, Bukti Cinta Tak Kenal Usia

"Oleh karena itu, makan makanan kaya protein yang membantu sintesis kolagen dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih muda," katanya.

Protein nabati juga mendukung kulit yang tampak lebih sehat seiring bertambahnya usia berkat kandungan antioksidannya. Hal ini berbeda dengan protein hewani yang justru dapat memicu peradangan dan merusak kulit dari kandungan lemak jenuhnya.

Sumber protein nabati seperti pistachio, mengandung antioksidan yang membantu menjaga tubuh awet muda dengan mencegah peradangan yang membahayakan kulit.

2. Makan tomat
Makan tomat setiap hari dapat menjauhkanmu dari ahli bedah plastik. Tapi tentu saja kebiasaan ini harus digabungkan dengan diet sehat dan pilihan gaya hidup yang sehat pula.

"Tomat mengandung likopen, antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari tomat dengan mengonsumsi produk olahan tomat seperti pasta tomat atau saus tomat," kata Amy Gorin, MS, RDN , ahli diet berbasis tumbuhan yang sekaligus pemilik Master the Media.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Makan, Kebiasaan Kamu yang Mana?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di British Journal of Dermatology terhadap 20 wanita sehat, meminta para wanita ini makan 55 gram (sekitar 2 ons) pasta tomat dalam minyak zaitun setiap hari selama sekitar tiga bulan. Wanita ini kemudian mengalami perlindungan terhadap efek akut photodamage (yang mengacu pada perubahan kulit dari waktu ke waktu akibat sinar matahari atau sumber UV lainnya).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar