facebook

Cek Sekarang, Ini 5 Jenis Ruam Kulit Pertanda Infeksi Virus Corona Covid-19!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Cek Sekarang, Ini 5 Jenis Ruam Kulit Pertanda Infeksi Virus Corona Covid-19!
Ilustrasi gatal, ruam kulit (Elements Envato)

Ada beberapa jenis ruam kulit yang bisa menjadi pertanda infeksi virus corona Covid-19.

Suara.com - Tindakan pencegahan adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit menular, termasuk virus corona Covid-19.

Tapi, mengidentifikasi gejala ingfeksi virus corona Covid-19 dan penyakit menular lainnya sedini mungkin bisa membantu pengobatan lebih tepat waktu dan mencegah virus menyebar ke orang lain.

Dalam kasus infeksi virus corona Covid-19, gejalanya tidak hanya terbatas pada sistem pernapasan.

Anda bisa mengalami gejala infeksi virus corona Covid-19 pada berbagai bagian tubuh, seperti sakit kepala, nyeri otot dan ruam kulit.

Baca Juga: Selain Whole Genome Sequencing, Ini Cara Lain untuk Deteksi Virus Corona Varian Omicron

Ruam kulit bukanlah gejala umum virus corona Covid-19, seperti batuk, pilek, kehilangan indra penciuman dan perasa. Tapi, gejala virus corona ini juga sering terabaikan.

Penelitian baru dalam British Journal of Dermatology, 8,8 persen dari mereka yang positif virus corona mengembangkan beberapa jenis masalah kulit lainnya. Berikut ini dilansir dari Times of India, 5 jenis ruam kulit yang bisa jadi pertanda virus corona Covid-19.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

1. Covid toes

Covid toes adalah benjolan merah dan ungu di jari kaki. Secara medis, kondisi ini dikenal sebagai chilblains, kondisi kulit yang lebih umum terjadi selama bulan-bulan musim dingin.

Tapi, kondisi ini lebih umum terjadi selama pandemi virus corona. Benjolan bisa terjadi di jari tangan dan kaki, tetapi tiak menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Bisa Berakhir di Eropa, Begini Kata WHO

2. Eksim

Eksim adalah kondisi peradangan yang membuat kulit tampak meradang, gatal, pecah-pecah, dan kasar. Ruam kulit ini biasanya terasa gatal dan berkembang pada orang yang tidak memiliki masalah kulit sebelumnya.

Eksim dapat muncul selama infeksi atau setelahnya dan biasanya berlangsung selama beberapa hari.

3. Gatal-gatal

Gatal-gatal adalah jensi ruam yang muncul mendadak selama beberapa jam. Ruam ini berupa benjolan merah dan gatal yang dihasilkan dari reaksi kulit.

Bentuk benjolan akibat ruam ini pun ukurannya bervariasi dan bisa datang serta pergi sewaktu-waktu.

Layaknya biduran yang terasa gatal dan bisa muncul di beberapa bagian tubuh, termasuk paha, punggung dan wajah.

Menurut peneliti, gejala virus corona Covid-19 pada kulit ini muncul cukup awal pada infeksi dan bisa bertahan lama.

4. Ruam mulut

Ruam mulut juga dikenal sebagai enanthem, yakni tanda lain dari virus corona Covid-19. Ruam semacam ini muncul di bibir, yang membuat mulut terasa kering dan bersisik.

Dalam beberapa kasus, bibir mungkin terasa sakit. Bahkan, mulut bisa membengkak dari yang menyebabkan kesulitan makan dan berbicara.

Berdasarkan penelitian di Spanyol, tanda ruam bisa muncul di mana saja dari 2 hari sebelum timbulnya gejala virus corona lainnya.

5. Pitiriasis rosea

Pityriasis rosea (PR) adalah ruam jinak yang biasanya dimulai sebagai bintik bundar atau oval besar di dada, perut, atau punggung Anda.

Tambalan melingkar yang dikenal sebagai tambalan herald bisa mencapai lebar 4 inci. Jenis ruam ini sering dipicu oleh infeksi virus yang kebanyakan menyerang anak-anak dan dewasa muda.

Ruam kulit ini biasanya meninggalkan bercak yang tersebar luas, gatal-gatal, ruam kulit di perut, punggung atas, kaki dan lengan atas. Gejala ini juga mungkin muncul 4-5 hari setelah gejala umum.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar