facebook

Studi Baru Menunjukkan Ada 2 Cara untuk Mendapatkan Kekebalan Super, Apa Saja?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Studi Baru Menunjukkan Ada 2 Cara untuk Mendapatkan Kekebalan Super, Apa Saja?
ilustrasi vaksinasi COVID-19. [Envato Elements]

Serum darah yang dianalisis mengungkapkan bahwa kedua kasus memiliki antibodi yang berlimpah dan lebih kuat.

Suara.com - Penelitian laboratorium baru dari Oregon Health & Science University mengungkap ada lebih dari satu cara menunju kekebalan yang kuat dari Covid-19 atau super immunity.

Studi baru ini menemukan bahwa dua bentuk kekebalan, yakni infeksi terobosan setelah vaksinasi atau infeksi alami yang diikuti vaksinasi, memberikan tingkat perlindungan kekebalan pada tingkat yang sama.

"Dalam kedua kasus tersebut, Anda akan mendapat respons kekebalan yang sangat, sangat kuat, sangat tinggi," jelas salah satu penulis senior Fikadu Tafesse.

Serum darah yang dianalisis menunjukkan bahwa kedua kasus memiliki antibodi yang berlimpah dan lebih kuat, setidaknya 10 kali lebih kuat, daripada kekebalan yang dihasilkan oleh vaksinasi saja.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Long Covid-19, Konsumsi 4 Makanan Ini!

ilustrasi vaksinasi Covid-19. [Envato]
ilustrasi vaksinasi Covid-19. [Envato]

Penelitian ini mengikuti studi OHSU yang terbit Desember, yang menggambarkan tingkat respons imun sangat tinggi setelah infeksi terobosan, yang disebut kekebalan super.

Studi dilakukan sebelum munculnya Omicron, tetapi peneliti berharap respons imun hibrida akan serupa denagn strain baru tersebut.

"Kemungkinan mendapatkan infeksi terobosan tinggi karena ada begitu banyak virus di sekitar kita saat ini. Tapi kita harus memposisikan diri secara lebih baik dengan divaksinasi. Dan jika terkena virus, maka akan mengalami Covid-19 ringan dan mendapat kekebalan super ini," sambungnya, dilansir Medical Xpress.

Studi ini adalah yang pertama menggunakan beberapa varian SARS-CoV-2 hidup untuk mengukur netralisasi silang serum darah dari kasus terobosan.

Baca Juga: Studi Israel: 4 Dosis Vaksin COVID-19 Tingkatkan Kekebalan Lansia Hingga 3 Kali Lipat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar