facebook

Inilah Beda Vegan dan Vegetarian, Pola Makan yang Diterapkan Terkesan Serupa tapi Tak Sama

Rima Sekarani Imamun Nissa
Inilah Beda Vegan dan Vegetarian, Pola Makan yang Diterapkan Terkesan Serupa tapi Tak Sama
Ilustrasi makanan vegetarian - (SuaraJogja.id/Iqbal Asaputro)

Beda vegan dan vegetarian terletak pada penerapan pola makan sehari-hari. Simak penjelasan berikut ini.

Suara.com - Perbedaan yang paling populer dan terkenal dalam kehidupan orang yang menjalani gaya hidup nabati adalah vegetarian dan vegan. Lantas, seperti apa beda vegan dan vegetarian?

Diketahui, perbedaan utama antara pola makan vegan dan vegetarian terletak pada seberapa banyak individu mengikuti gaya hidup tersebut, membatasi makanan yang mereka konsumsi, dan membatasi konsumsi barang-barang lainnya.

Dalam hal makanan, vegan tidak hanya menghilangkan daging dan unggas dari makanan mereka, tetapi juga menghapus semua produk hewani dan produk sampingan, termasuk telur, keju, atau produk susu lainnya, gelatin, dan makanan laut.

Komunitas vegan tidak makan daging. (Shutterstock)
Ilustrasi gaya hidup vegan (Shutterstock)

Sedangkan diet vegetarian mungkin merupakan pilihan diet yang lebih mudah. Sebenarnya, gaya hidup vegetarian hanyalah diet "tanpa daging". Biasanya, vegetarian menghilangkan konsumsi daging mereka sambil tetap mengizinkan produk hewani tertentu seperti telur, susu, dan terkadang ikan, tergantung filosofi mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Kari Vegetarian, Tetap Enak Meski Tanpa Daging Ayam Atau Sapi

Baik pola makan vegan maupun vegetarian berpusat pada makan tanaman. Namun, pola makan vegan lebih ketat daripada pola makan vegetarian.

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini beda vegan dan vegetarian yang menarik untuk diketahui yang dilansir dari berbagai sumber.

Pola makan vegan yang umum

Veganisme didefinisikan sebagai tidak mengonsumsi produk hewani atau produk sampingan apapun. Menjauhi makanan hewani ini sering dimotivasi oleh penentangan filosofis terhadap penggunaan hewan untuk keuntungan, dan mungkin meluas hingga tidak memakai kulit atau wol atau menggunakan produk apa pun yang berasal dari hewan. Bahkan makanan yang berasal dari serangga, seperti madu, dilarang bagi sebagian besar vegan.

Pola makan vegan yang khas dapat mencakup makanan nabati, seperti: biji-bijian, kacang polong, kacang kering, kacang hitam, kacang garbanzo, kacang pinto, dan kacang polong split.

Baca Juga: 5 Makanan yang Aman di Konsumsi oleh Penderita Diabetes

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan vegetarian (Shutterstock)

Diet vegetarian yang umum

Diet vegetarian tidak termasuk daging, ikan, atau unggas, tetapi dapat mencakup beberapa produk hewani. Diet vegetarian terbagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Vegetarian lakto: Orang-orang ini makan produk susu, seperti susu, keju, mentega, yogurt, dan keju cottage.
  • Ovo vegetarian: Menahan diri dari makan daging merah atau putih dan produk susu tetapi makan telur.
  • Lacto-ovo vegetarian: Menahan diri dari makan daging merah atau putih tetapi mengonsumsi produk susu dan telur.
  • Diet pescatarian: Tidak makan daging merah tetapi ikan dan makanan laut tidak apa-apa.
  • Diet semi-vegetarian atau flexitarian: Mengurangi konsumsi protein hewani.

Diet vegetarian yang seimbang akan mencakup asupan berbagai tanaman dan biji-bijian, serta susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan telur.

Nah, demikian informasi mengenai beda vegan dan vegetarian. Jadi, Anda lebih tertarik menerapkan diet vegan atau diet vegetarian?

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar