facebook

4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Yasinta Rahmawati
4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Menjaga Imunitas Tubuh
Ilustrasi buah nanas. (Foto oleh Pineapple Supply Co. dari Pexels)

4 Manfaat buah nanas berikut ini bisa Anda baca untuk pengetahuan umum. Simak ulasannya di sini!

Suara.com - Buah yang identik dengan warna kuning cerah ini cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Nanas, ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tentu saja, semua berangkat dari kandungan nanas yang sangat kaya akan nutrisi. Maka kali ini mari kita bahas sederet manfaat buah nanas untuk kesehatan.

Selain memang memiliki rasa yang lezat, nanas juga cukup mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Dengan kandungan protein, serat, karbohidrat, gula, vitamin A, vitamin C, folat, kalium, magnesium, vitamin B, kolin, selenium, zink, serta antioksidan dan bromelain, tentu manfaatnya akan sangat banyak bukan?

1. Untuk Imunitas Tubuh

Konsumsi sebanyak 150 gram buah nanas segar bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa. Seperti dipahami bersama, bahwa vitamin C berperan besar untuk meningkatkan daya tahan dan sistem imun tubuh pada serangan penyakit atau virus.

Baca Juga: Sakit Afasia Bikin Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting dan Berita Kesehatan Populer Lainnya

Selain itu, Anda juga akan memiliki tubuh yang lebih fit dan segar dalam melaksanakan aktivitas setiap hari. Dengan begini kesehatan bisa terjaga lebih baik, dan aktivitas tidak akan mudah terganggu.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Tulang

Kedua adalah bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang. Kandungan yang berperan dalam hal ini adalah vitamin B, vitamin C, mangan, dan antioksidan. Tercukupinya asupan nutrisi ini bisa membantu Anda terlindung dari efek buruk paparan sinar UV.

Buah nanas juga memiliki banyak kandungan yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis.

Buah Nanas. (Shutterstock)
Buah Nanas. (Shutterstock)

3. Mengurangi Peradangan

Baca Juga: 6 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Salah Satunya Gigi Mudah Copot!

Manfaat buah nanas yang ketiga adalah membantu mengurangi terjadinya peradangan. Kandungan Bromelain yang ada di dalamnya bisa berfungsi sebagai zat yang mengurangi hal tersebut, seperti yang terjadi pada sinusitis, radang tenggorokan, atau bahkan radang sendi.

Saat dikonsumsi secara rutin ketika batuk berdahak, Anda juga akan merasakan manfaat lain yakni membantu mengencerkan dahak.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Saat Anda mengalami masalah pencernaan, buah ini juga bisa jadi alternatif yang baik membantu mengatasinya. Mulai dari intoleransi makanan, sembelit, hingga berbagai keluhan lain, bisa terasa lebih ringan saat Anda mengkonsumsi buah ini.

Pada beberapa penelitian juga disebutkan bahwa kandungan bromelain bisa membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif.

Itu tadi setidaknya 4 manfaat buah nanas yang bisa dibagikan. Semoga berguna, dan selamat beraktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar