facebook

Bukan Pakai Cotton Bud! Ini Tiga Cara Aman Bersihkan Telinga Bagian Dalam agar Kotoran Keluar

Risna Halidi | Lilis Varwati
Bukan Pakai Cotton Bud! Ini Tiga Cara Aman Bersihkan Telinga Bagian Dalam agar Kotoran Keluar
Ilustrasi Membersihkan Telinga (Pexels/Ksenia Chernaya)

Banyak orang mungkin terbiasa membersihkan telinga menggunakan cotton buds atau korek kuping.

Suara.com - Tubuh punya mekanisme sendiri untuk mengeluarkan kotoran. Begitu pula dalam proses keluarnya kotoran telinga. Banyak orang mungkin terbiasa membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau korek kuping.

Tetapi, cara itu sebenarnya tidak dianjurkan karena justru bisa membuat kotoran telinga terdorong makin masuk ke dalam.

Cara terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga yang menumpuk adalah dengan pergi ke dokter Telinga Hidung Tenggorokan atau THT.

Meski begitu, masih ada cara aman lain untuk mengeluarkan kotoran telinga sendiri dari rumah. Dikutip dari Mirror, berikut cara aman yang bisa dilakukan untuk bersihkan telinga:

Baca Juga: Warna Kotoran Telinga Gambarkan Kondisi Tubuh Anda, Cek Sekarang!

1. Gunakan Larutan Garam

Ilustrasi air garam. (Shutterstock)
Ilustrasi air garam. (Shutterstock)

Pada situs Healthline disarankan untuk meneteskan air ke telinga karena dianggap sangat efektif untuk membersihkan telinga. Caranya, isi jarum suntik dengan air suhu tubuh lalu teteskan ke satu telinga sambil memiringkan kepala.

Nantinya cairan akan tumpah begitu saja dengan membawa kotoran dari dalam. Metode itu lebih efektif jika diawal menggunakan pelembut lilin sekitar 15 hingga 30 menit.

2. Gunakan Kain Lembap

Ilustrasi kain (Elements Envato)
Ilustrasi kain (Elements Envato)

Ambil kain bersih yang direndam dengan air hangat lalu letakkan di atas telinga sambil berbaring miring. Uap panas akan membawa kotoran telinga ke area luar, sehingga mudah dibersihkan dari bagian luar telinga.

Baca Juga: Jangan Pakai Cotton Bud Untuk Bersihkan Telinga dan Berita Terpopuler Lain

3. Minyak Zaitun

https://pixabay.com/id/users/stevepb-282134/
https://pixabay.com/id/users/stevepb-282134/

Masukkan beberapa tetes minyak zaitun ke telinga selama sekitar tiga hari. Selalu miringkan kepala saat melakukan hal tersebut. Minyak juga akan membuat kotoran telinga terdorong ke luar. Jadi siap-siap untuk selalu membersihkannya.

Meskipun semua cara di atas dinilai aman untuk membersihkan telinga, para dokter selalu mengingatkan untuk jangan pernah memasukkan sesuatu ke dalam telinga. Juga perlu diingat bahwa tidak benar-benar perlu membersihkan telinga kecuali ada sumbatan.

Secara alami, kotoran telinga akan bergerak dari bagian dalam saluran telinga ke bagian luar. Bukan hanya kotoran telinga yang keluar, tapi sel kulit mati dan rambut halus juga bisa ikut terbawa.

Komentar