facebook

Orangtua Wajib Waspada, Ini Infeksi Gigi Yang Paling Sering Terjadi Pada Anak

M. Reza Sulaiman
Orangtua Wajib Waspada, Ini Infeksi Gigi Yang Paling Sering Terjadi Pada Anak
Sakit gigi pada anak. (Shutterstock)

Masalah gigi tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga terjadi pada anak-anak. Apa penyakit gigi yang paling sering terjadi pada anak?

Suara.com - Masalah gigi tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga terjadi pada anak-anak. Biasanya, masalah gigi yang terjadi pada anak mulai dari sakit gigi, gusi, hingga peradangan.

Tapi, ada juga lho infeksi lainnya yang sering terjadi pada anak. Hal itu telah diungkap oleh Dokter Spesialis Gigi Anak dr. Yesri Sasmita Purba, KGA.

Dr. Yesri mengatakan, infeksi yang terjadi pada anak adalah gigi berlubang hingga ke akar.

“Biasanya penyebab gigi berlubang itu ada bakteri yang masuk sampai ke akar dan sampai bengkak,” ungkapnya saat ditemui oleh Suara.com, dalam acara Grand Opening Brawijaya Clinic Kemang, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Cerita Tri Putra, Dokter Gigi Viral yang Gemar Buat Konten Satisfying saat Bersihkan Karang Gigi Pasien

Grand Opening Brawijaya Clinic Kemang, Jumat (20/5/2022).
Grand Opening Brawijaya Clinic Kemang, Jumat (20/5/2022).

Selain bakteri, penyebab gigi berlubang terjadi adanya makanan yang menempel di gigi, sehingga bakteri tersebut berkembang biak, lalu asam yang menumpuk di gigi terjadi pelunakan enamel pada gigi.

“Selain itu, bisa juga ada bakteri yang masuk dari sela antara gusi dan gigi, kemudian jadi bengkak. Intinya jarang dibersihkan, mungkin ada orangtua yang sibuk jadi sulit concern ke dental health anak,” ungkapnya.

Selain tidak memperhatikan kesehatan gigi anak, dr. Yesri mengatakan orangtua juga tidak membawa anaknya ke dokter gigi.

Oleh karena itu, orangtua perlu mengajarkan anak sedini mungkin untuk memperkenalkan dokter gigi, supaya kesehatan gigi anak dapat diperhatikan dan terawat.

“Banyak lho anak yang umur belasan baru pertama kali ke dokter anak. Maka dari itu, perlu sedini mungkin diperkenalkan ke dokter gigi agar gigi anak terawat,” pesannya.

Baca Juga: 4 Cara Memutihkan Gigi Pakai Bahan Alami, Lakukan Rutin untuk Hasil Terbaik

Komentar