facebook

Raih Medali Perunggu di SEA Games Vietnam, Intip Yuk Rahasia Bugar dan Pola Makan Sehat Perenang I Gede Siman Sudartawa

Ririn Indriani
Raih Medali Perunggu di SEA Games Vietnam, Intip Yuk Rahasia Bugar dan Pola Makan Sehat Perenang I Gede Siman Sudartawa
Atlet renang I Gede Siman Sudartawa.

Tak hanya disiplin latihan, asupan gizi dan menjaga kebugaran juga merupakan hal penting bagi perenang I Gede Siman Sudartawa untuk menopang prestasinya.

Suara.com - Berlaga di nomor gaya punggung putra 100 meter dan 50 meter perenang Indonesia asal Bali, I Gede Siman Sudartawa kembali mengharumkan nama bangsa dengan merebut medali perunggu untuk cabor renang nomor gaya punggung putra 50 meter pada gelaran SEA Games ke-31 di Vietnam.

Di balik kesuksesannya tersebut, tentu ada banyak upaya keras yang telah dilakukan lelaki yang akrab disapa Siman ini.

Selain rutin dan disiplin berlatih, Siman juga sangat menjaga kebugaran dan pola makan (diet) sehat yang sesuai untuk atlet renang.

Nah, untuk mendukung kesehatan dan kebugaran tubuhnya, PT Ajinomoto Indonesia melalui program ‘Winning Meals Kachimeshi’ turut mendukung Siman untuk meraih prestasi tertinggi dalam gelaran SEA Games tahun ini.

Baca Juga: Daripada Terus Minum Suplemen Vitamin, Lebih Baik Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

Kachimeshi “Winning Meals” atau “Makanan Sang Juara” merupakan kelanjutan program global Ajinomoto yang berpusat di Jepang yang mendukung para atlet dan pecinta olahraga melalui perencanaan menu bergizi, pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan sehari-hari dan tes antropometrik berkala untuk mengetahui komposisi atau struktur tubuh atlet.

Di negara maju, gizi para atlet sudah diperhatikan bertahun-tahun sebelum bertanding.

Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional untuk meraih prestasi.

Guna mencapai tingkat kebugaran yang maksimal, semua program ‘Winning Meals Kachimeshi’ tersebut dilakukan mulai dari masa latihan hingga saat kompetisi.

“Siman melalui persiapan terpadu mulai dari latihan fisik yang dibina oleh pelatih terbaik serta pengaturan pola makan atau asupan gizi yang paling ideal yang diawasi oleh ahli gizi terpercaya," jelas Grant Senjaya, Head of Public Relations Department, PT Ajinomoto Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Ahli Bagikan 5 Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Puasa dan Lebaran

Ia menambahkan bahwa makanan yang dirancang pihaknya dan dikonsumsi Siman setiap harinya adalah hasil dari perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari-hari berdasarkan pola dan volume latihan setiap hari yang dijalani sang atlet, baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam.

"Winning Meals Kachimeshi ini kami lakukan secara konsisten untuk membentuk kinerja Siman agar selalu berada dalam level tertinggi, sehingga Siman semakin lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi kejuaraan,” terang Grant.

Selain menu bergizi dan mendapat bimbingan gizi terkontrol, Siman juga diberi minuman jeli asam amino rasa apel, aminoVITAL®.

Sport drink yang bersertifikasi halal untuk para atlet dan sport enthusiast ini baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau di tengah-tengah berolahraga.

Tidak hanya atlet yang menjadi fokus dari program tersebut, asupan gizi keluarga Indonesia juga menjadi komitmen dari perusahaan yang memproduksi berbagai bumbu masak itu.

“Kami terus melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, serta pemeliharaan kebiasaan hidup sehat ke masyarakat luas. Kami percaya, dengan pemenuhan gizi yang baik maka tentunya akan terbentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi," ucap Grant.

Komentar