facebook

Berkaca dari Meninggalnya Ibu Vina Panduwinata, Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Ginjal

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Berkaca dari Meninggalnya Ibu Vina Panduwinata, Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Ginjal
Vina Panduwinata di rumah duka kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Rabu (25/5/2022) [Suara.com/Rena Pangesti]

Albertine Panduwinata meninggal karena kondisinya terus memburuk, salah satunya kesehatan ginjal dan jantung kurang baik.

Suara.com - Kabar duka datang dari Vina Panduwinata yang harus melepaskan sang ibunda, Albertine Panduwinata meninggal karena kondisinya terus memburuk, salah satunya kesehatan ginjal dan jantung kurang baik.

Ia meninggal di usia 93 tahun di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat pada Rabu, 25 Mei 2022

"Jantungnya mami kurang baik. Fungsi ginjalnya juga sudah kurang bagus," kata Vina Panduwinata di rumah duka, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Di sisi lain, mengutip Hello Sehat, menjaga kesehatan ginjal adalah hal yang wajib dilakukan sedini mungkin untuk bekal masa depan. Apalagi ginjal adalah organ vital yang berfungsi menyaring darah dan racun di tubuh, sebelum akhirnya nutrisi di sebarkan ke seluruh organ melalui darah.

Baca Juga: Tidak Hanya Serangan Jantung atau Stroke, Tekanan Darah Tinggi Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal

Berikut ini 4 langkah menjaga kesehatan ginjal yang sebaiknya dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pola Makan Sehat

Salad tuna. (Suara.com/Vessy Frizona)
Salad tuna. (Suara.com/Vessy Frizona)Dikarenakan penyebab penyakit ginjal berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Namun, kedua masalah kesehatan tersebut bisa dihindari asalkan menjaga pola makan. Bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

2. Membatasi Asupan Garam

Jika tekanan darah melonjak tiba-tiba, karena terlalu banyak makan garam yang bisa meningkatkan tekanan darah, jni biaa merusak pembuluh darah dan memberatkan kerja ginjal. Bahkan, hipertensi (tekanan darah tinggi) juga disebut sebagai penyebab utama gagal ginjal.

3. Diet Rendah Protein

Baca Juga: Hits Health: Tanda Ginjal Rusak, Apa Itu Virus Hendra?

Ini karena konsumsi terlalu banyak protein tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama ginjal. Pasalnya, protein yang dikonsumsi dicerna dan dipecah menjadi asam amino oleh tubuh menggunakan bantuan enzim.

Komentar