Studi Pastikan Konsumsi Kopi dalam Jumlah Wajar Tak Hanya Baik Bagi Kesehatan Fisik Tetapi Juga Mental

Risna Halidi, Aflaha Rizal Bahtiar

Selasa, 31 Mei 2022 | 18:25 WIB
Studi Pastikan Konsumsi Kopi dalam Jumlah Wajar Tak Hanya Baik Bagi Kesehatan Fisik Tetapi Juga Mental
Ilustrasi minum kopi (Unsplash)

Suara.com - Kebiasaan minum kopi setiap hari, jika dalam jumlah yang wajar, ternyata dapat memiliki manfaat kesehatan.

Dalam laporan yang terbit di Annals of Internal Medicine, peneliti dari Southern Medical University di Guangzhou telah menganalisis data kebiasaan orang minum kopi pada lebih dari 171.000 penduduk Inggris.

Semua yang terlibat tidak menderita kanker dan penyakit jantung selama tujuh tahun ke belakang. Dalam penelitian sebelumnya, ada bukti menunjukkan bahwa orang yang minum kopi setiap hari hidup lebih lama.

Pun seperti hasil peneliti dari Guangzhou, di mana orang yang secara teratur minum kopi tanpa pemanis gula, 16 sampai 21 persen lebih kecil kemungkinan meninggal dunia selama penelitian, dibanding peserta yang tidak minum kopi.

Sebagaimana yang dilansir dari insider, peserta penelitian yang minum antara satu dan empat cangkir kopi ringan per hari, 29 hingga 31 persen lebih kecil kemungkinan meninggal dunia.

Kopi yang memiliki bahan utama kafein, telah lama dipelajari secara ekstensif. Banyak data menunjukkan kopi tidak hanya aman tetapi juga baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah moderat.

Studi sebelumnya menunjukkan, orang yang minum kopi hidup lebih lama disebut minim risiko penyakit seperti penyakit jantung, kanker, hingga diabetes.

Kafein juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan juga otak, terutama seiring bertambahnya usia dan berkaitan dengan risiko penyakit Parkinson.

Tidak hanya itu, kopi juga dapat mengatasi risiko depresi dan juga bunuh diri.

baca juga

Tapi perlu dipastikan, jika terlalu banyak mengonsumsi kafein dengan dosis lebih dari 400 miligram atau konsumsi lebih dari sekitar 4 sampai 5 cangkir kopi, dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, gelisah, detak jantung berdebar cepat, hingga berkeringat.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Merokok Tembakau Bisa Jadi Penyebab 16 Jenis Kanker, Pakar Ungkap Inilah Sebab Komplikasi Parah

Merokok Tembakau Bisa Jadi Penyebab 16 Jenis Kanker, Pakar Ungkap Inilah Sebab Komplikasi Parah

Health | Selasa, 31 Mei 2022 | 14:40 WIB

Sering Nyeri di Bagian Wajah Ini, Waspadai Gejala Kanker

Sering Nyeri di Bagian Wajah Ini, Waspadai Gejala Kanker

Health | Selasa, 31 Mei 2022 | 15:10 WIB

Hits Kesehatan: Marshanda Umumkan Idap Tumor Payudara, Apakah Perempuan Bisa Kecanduan Vibrator?

Hits Kesehatan: Marshanda Umumkan Idap Tumor Payudara, Apakah Perempuan Bisa Kecanduan Vibrator?

Health | Selasa, 31 Mei 2022 | 10:17 WIB

Terkini

Dari Lomba hingga Tawa, Anak-anak Mauk Belajar Berani di Momen Kemerdekaan

Dari Lomba hingga Tawa, Anak-anak Mauk Belajar Berani di Momen Kemerdekaan

Banten | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:33 WIB

Kesadaran Jaminan Hari Tua: Jangan Jadikan Anak sebagai Dana Pensiun

Kesadaran Jaminan Hari Tua: Jangan Jadikan Anak sebagai Dana Pensiun

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:30 WIB

Jakarta Akan Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa NTT

Jakarta Akan Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa NTT

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:26 WIB

Link Live Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2026, Cek Jadwal dan Lokasinya

Link Live Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2026, Cek Jadwal dan Lokasinya

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:20 WIB

Purbaya Mau Tambah Layar Digital IFP ke Tiap Kelas di Sekolah, Janji Siapkan Anggaran

Purbaya Mau Tambah Layar Digital IFP ke Tiap Kelas di Sekolah, Janji Siapkan Anggaran

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:13 WIB

Purbaya Yakin PFII Bisa Tarik Dana Asing Lebih dari Rp 500 Triliun

Purbaya Yakin PFII Bisa Tarik Dana Asing Lebih dari Rp 500 Triliun

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:08 WIB

Lengkap! Daftar Nama Anggota Paskibraka Nasional 2026 di Istana Negara

Lengkap! Daftar Nama Anggota Paskibraka Nasional 2026 di Istana Negara

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:05 WIB

Daftar Harga HP Infinix Agustus 2026, Lengkap Seri Gaming hingga Entry Level

Daftar Harga HP Infinix Agustus 2026, Lengkap Seri Gaming hingga Entry Level

Tekno | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:05 WIB

Bantuan Sembako dari Presiden Mulai Didistribusikan ke Wilayah Terdampak Gempa NTT

Bantuan Sembako dari Presiden Mulai Didistribusikan ke Wilayah Terdampak Gempa NTT

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:04 WIB

BRI Peduli Turun Langsung Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Flores

BRI Peduli Turun Langsung Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Flores

Lampung | Minggu, 16 Agustus 2026 | 13:02 WIB

×