facebook

11 Gejala Tipes pada Anak, Mulai dari Demam hingga Diare

Yasinta Rahmawati
11 Gejala Tipes pada Anak, Mulai dari Demam hingga Diare
Ilustrasi gamba penyebab tipes pada anak. (freepik)

Penyakit tipes bisa menyerang berbagai usia, termasuk anak-anak. Adapun gejala tipes pada anak yakni sebagai berikut.

Suara.com - Penyakit tipes bisa menyerang berbagai usia, termasuk anak-anak. Anak-anak sering terkena tipes karena kebiasaan makan dan minum yang buruk. Untuk melindungi anak-anak bunda dari serangan penyakit tipes, yuk pelajari beberapa gejala tipes pada anak lengkap dengan penyebab dan pencegahannya berikut ini.

Diketahui, penyakit tipes ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi. Bakteri ini dapat ditemukan dalam air, makanan atau menyebar melalui orang yang terinfeksi. Penyakit ini umum ditemukan di daerah dengan sanitasi yang buruk. 

Adapun gejala utama penyakit tipes yaitu demam yang mungkin tiba-tiba atau muncul secara bertahap selama beberapa hari dan demam bisa berlangsung lama. Lantas, apa gejala tipes pada anak? 

Gejala Tipes Pada Anak

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Demam Berdarah, Langkah Mudah untuk Terhindar dari Penyakit

Demam tipes sering ditemukan pada anak-anak. Penting untuk mengetahui gejala tipes. Dihimpun dari sejumlah sumber berikut ini gejala penyakit tipes pada anak-anak yang penting untuk bunda ketahui. Dengan mengetahui gejalanya, para bunda bisa langsung mengambil tindakan tepat jika sang anak mengalami kondisi yang menunjukan gejala tipes.

Adapun gejala tipes ini dapat muncul setelah 7 sampai 14 hari setelah tertular penyakit. Dalam beberapa kasus, anak mungkin tidak sakit bahkan selama dua bulan setelah tertular penyakit. Berikut ini beberapa gejala tipes yang perlu bunda perhatikan:

  1. Demam terus-menerus dengan suhu setinggi 40 derajat Celcius
  2. Sakit kepala
  3. Sakit tenggorokan
  4. Kelelahan
  5. Kekurangan energi
  6. Perut bengkak
  7. Sakit perut
  8. Sembelit
  9. Diare
  10. Ruam sementara dengan bintik-bintik merah muda di perut atau dada
  11. Merasa gelisah  hampir sepanjang waktu

Setelah mengetahui gejalanya, berikut ini beberapa penyebab tipes pada anak yang juga penting untuk bunda tahu. Adapun penyebabnya yakni sebagai berikut;

  • Tertular infeksi setelah makan atau minum makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi. 
  • Tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi atau makan makanan dari warung pinggir jalan dengan kebersihan yang tidak memadai 

Untuk melindungi anak Anda dari penyakit tipes, anda perlu menerapkan beberapa pencegahan. Pencegahan tersebut meliputi pastikan anak Anda mengonsumsi makanan dan minuman bersih, pastikan anak Anda selalu cuci tangan, dan hindari bermain di tempat kotor.

Demikian ulasan mengenai gejala tipes pada anak lengkap dengan penyebab dan pencegahannya. Jika anak Anda mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera konsultasikan dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Ketahui Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar