facebook

Secangkir Teh Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut, Ini Alasannya!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Secangkir Teh Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut, Ini Alasannya!
Ilustrasi rambut rontok, kerontokan rambut (freepik)

Minum secangkir teh jenis tertentu bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Suara.com - Sejauh ini, orang memahami rambut rontok disebabkan oleh kekurangan vitamin tertentu. Tak banyak yang tahu bahwa secangkir teh bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Dr Sara Kayat menjelaskan bahwa teh hitam dapat mencegah tubuh menyerap zat besi karena tanin. Kemudian, hal ini bisa meningkatkan risiko kekurangan zat besi yang menyebabkan kerontokan rambut.

Karena, minuman teh hitam mengandung sekitar 11 persen tanin yang lebh tinggi dibandingkan dengan 4,6 persen tanin dalam kopi.

Tanin adalah sekelompok biomolekul yang juga ditemukan di kayu pohon dan kulit kayu, dan daun tanaman.

Baca Juga: Akibat Cacar Monyet, WHO Gelar Pertemuan Darurat untuk Membahas Deklarasi Darurat Kesehatan Global

Dr Kayat merekomendasikan makanan tinggi vitamin tertentu untuk mengatasi kerontokan rambut. Ia mengatakan konsumsi makanan tinggi vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi.

Ia juga mengatakan kehilangan antara 100 hingga 150 helai rambut sehari adalah hal yang biasa, tetapi stres bisa meningkatkan kerontokan rambut.

Ilustrasi minum teh. (Freepik/jcomp)
Ilustrasi minum teh. (Freepik/jcomp)

"Kulit kepala yang sehat sangat penting karena folikel yang terkena infeksi, ketombe, minyak dan kotoran dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut," kata Dr Kayat dikutip dari Express.

Tanda-tanda bahwa kulit kepala Anda mungkin tidak sehat termasuk gatal-gatal, mengelupas atau berketombe, kemerahan, berminyak dan bintik-bintik atau benjolan.

"Seringkali perubahan sederhana pada rezim perawatan rambut Anda yang biasa bisa cukup untuk memperbaikinya, tetapi jika tidak, Anda harus diperiksa oleh dokter," jelasnya.

Baca Juga: WHO Gelar Pertemuan Darurat untuk Membahas Deklarasi Darurat Kesehatan Global karena Cacar Monyet

Dr Kayat menjelaskan bahwa kehilangan sekitar 100 hingga 150 helai rambut sehari adalah normal tetapi beberapa orang dapat kehilangan lebih banyak karena stres.

Demikian pula, penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi penyerapan zat besi.

Sebuah percobaan yang dilakukan oleh University of Kansas Medical Center di AS pada tahun 1983, menemukan bahwa satu cangkir kopi dengan makanan hamburger mengurangi penyerapan zat besi sebesar 39 persen.

Dengan makanan yang sama, minum teh mengurangi penyerapan zat besi hingga 64 persen. Hal ini mengungkapkan semakin kuat secangkir teh atau kopi, semakin sedikit zat besi yang diserap.

Studi oleh Institut Teknologi Federal Swiss pada tahun 1999 menunjukkan bahwa minum secangkir kopi instan dengan makanan roti mengurangi penyerapan zat besi sebesar 60 hingga 90 persen.

ilustrasi rambut rontok.[pixabay]
ilustrasi rambut rontok.[pixabay]

Menurut NHS, tanda-tanda bahwa Anda mungkin kekurangan zat besi meliputi:

  1. Kelelahan dan kekurangan energi
  2. Sesak napas
  3. Detak jantung terlihat (jantung berdebar-debar)
  4. Kulit pucat

Jika Anda kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia, itu dapat menyebabkan konsekuensi serius.

Anemia defisiensi besi yang tidak diobati dapat:

  1. Membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit dan infeksi, karena kekurangan zat besi mempengaruhi sistem kekebalan tubuh
  2. Meningkatkan risiko Anda terkena komplikasi yang memengaruhi jantung atau paru-paru, seperti detak jantung cepat yang tidak normal (takikardia) atau gagal jantung
  3. Dapat menyebabkan risiko komplikasi yang lebih besar sebelum dan sesudah melahirkan jika Anda hamil

Konsumsi makanan kaya zat besi termasuk sayuran berdaun hijau tua, daging, kacang-kacangan, lentil, sereal yang diperkaya dan buah kering.

Komentar