facebook

Bintik Hitam di Otak Bikin Ruben Onsu Kekurangan Darah, Gara-gara Penyakit Apa Ya?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Bintik Hitam di Otak Bikin Ruben Onsu Kekurangan Darah, Gara-gara Penyakit Apa Ya?
Tangis Ruben Onsu ceritakan kondisinya yang sakit [YouTube: Trans TV]

Ruben Onsu mengungkap hasil pemindaian otak yang menunjukan di otaknya terdapat bintik hitam yang disebut lesi otak.

Suara.com - Ruben Onsu kembali memberikan kabar duka. Ia mengungkap hasil pemindaian otak atau MRI, yang menunjukan di otaknya terdapat bintik hitam yang disebut lesi otak.

Suami Sarwendah itu menganalogikan jika ada bercak di bagian kepala membuatnya kekurangan darah rutin. Sehingga Ruben harus rutin memeriksa kesehatan secara berkala per tiga minggu.

"Sebelumnya aku ada MRI, emang ada beberapa yang harus ditelaah lebih jauh. Ada bintik-bintik di bagian otak yang katanya otak kalau sama darah serakah. Kalau masuk darah, nyerapnya lebih banyak. Jadi kalah sama yang ada di tubuh. Jadi lebih banyak keserap di otak," ungkap Ruben di acara Brownis pada Senin (27/6/2022).

Mengutip Cleveand Clinic, lesi otak adalah salah satu tanda kerusakan otak yang bisa terjadi di bagian otak manapun.

Baca Juga: Gemas! Dua Kakek Duduk Lesehan di Depan Toko sambil Mainkan Permainan Tradisional

Tangkapan layar Ruben Onsu memberikan selamat kepada putranya yang dapat penghargaan. (Instagram/@theonsufamily)
Tangkapan layar Ruben Onsu memberikan selamat kepada putranya yang dapat penghargaan. (Instagram/@theonsufamily)

Lesi bisa muncul karena penyakit, trauma atau cacat lahir. Tapi lesi otak juga bisa muncul di sebagian besar jaringan otak.

Bisanya lesi ini juga tidak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya, tapi jika sudah memburuk biasanya akan membuat gejala semakin terlihat.

Lesi otak juga bisa dipicu oleh berbagai hal seperti penuaan, riwayat keluarga dengan lesi otak, masalah pembuluh darah seperti stroke, tekanan darah tinggi (hipertensi) atau aneurisma arteri serebral. dan trauma pada otak.

Infeksi bakteri atau kuman berbahaya yang menyebabkan meningitis dan peradangan otak ensefalitis juga bisa menyebabkan lesi.

Termasuk juga tumor yang berkembang dan bermetastasis atau menyebar bisa menyebabkan lesi, hingga autoimun seperti lupus berkontribusi terjadinya lesi otak.

Baca Juga: Ruben Onsu Ungkap Kondisi Kesehatan, Penyebab Butuh Transfusi Darah Rutin

Gejala yang paling umum terjadi karena lesi otak sudah memburuk seperti sakit kepala tiba-tiba, mual, muntah, gerakan terganggu dan keterampilan motorik.

Komentar