facebook

10 Cara Jaga Mental Health, Ayo Mulai Latih untuk Mencintai Diri Sendiri!

Ruth Meliana Dwi Indriani
10 Cara Jaga Mental Health, Ayo Mulai Latih untuk Mencintai Diri Sendiri!
Ilustrasi kesehatan mental (unsplash.com/Uday Mittal)

Kesehatan mental itu penting. Jika kesehatan mental tak dijaga dengan baik, maka akan berdampak ke kegiatan sehari-hari. Berikut 10 cara menjaga kesehatan mental.

Suara.com - Mental health atau kesehatan mental merupakan salah satu jenis kesehatan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Terkadang, penderita tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami masalah kesehatan mental. Akibatnya, gejala yang muncul tidak segera diatasi dan dibiarkan berlarut-larut, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pentingnya menjaga kesehatan mental, sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Khususnya di masa pandemi Covid-19, di mana mayoritas orang akan membiasakan diri dengan kehidupan baru.

Orang-orang akan adaptasi dengan keharusan mengisolasi diri, karantina, memakai masker, menjaga jarak, membersihkan tangan dan mengonsumsi vitamin. Situasi itu bisa membuat seseorang mengalami culture shock dan berdampak ke kesehatan mental mereka.

Baca Juga: Masih Banyak yang Salah Paham, Mental Health Berbeda dengan Gangguan Mental! Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Berikut ini 10 cara menjaga kesehatan mental:

1. Tetap Melakukan Kebiasaan Hidup Sehat

Tetaplah makan dengan teratur, berolahraga, dan tidur dengan cukup. Ketiga hal tersebut merupakan kunci dasar dalam menjaga kesehatan mental.

Ketiga kebiasan tersebut dapan menurunkan tingkat stress, kecemasan, panik, dan menghindari penyakit-penyakit ringan yang dapat menyebabkan penyakit yang serius.

2. Tetap Berhubungan Baik dengan Rekan dan Keluarga

Baca Juga: Jarang Diketahui, 10 Fakta tentang Mental Health dari WHO dan Bahaya Gangguan Kejiwaan

Dalam karantina ataupun tidak sedang masa pandemi Covid-19, tetap menjaga hubungan baik dengan rekan dan keluarga menyehatkan kejiwaan manusia.

Sebuah teks pesan atau chat dan telefon dapat membantu kita tetap terhubung dengan orang lain dan merasa senang dengan percakapan tersebut.

3. Jauhkan Diri dari Berita Buruk

Terkadang ketika menggunakan gadget, kerap kalo berita kematian tentang Covid-19 maupun kecelakaan lainnya membuat hati sakit dan sedih.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika berhenti sejenak untuk mengonsumsi berita tersebut agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

4. Jangan Mengonsumsi Teh, Alkohol dan Kopi Berlebihan

Aturan ke 4 ini adalah prinsip dasar. Kelebihan kafein dapat membuat detak jantung meningkat dan mengganggu kualitas tidur. Konsumsi minuman tersebut dengan sewajarnya dan jangan sampai berdampak pada kesehatan Anda.

5. Latih untuk Mencintai Diri Sendiri

Aturan ini harus diterapkan terlebih jika Anda hidup sendirian. Buat jadwal atau waktu untuk self-reflection atau refleksi diri dan buat "me time". Kepedulian terhadap diri sendiri merupakan bentuk cinta dan dapat menjaga mental health agar tetap sehat.

6. Bersikap Baik dengan Diri Sendiri

Sesekali berikan hadiah untuk dirimu yang sudah berjuang selama ini. Anda juga berharga. Hubungi teman Anda jika memiliki masalah atau kunjungi Psikolog jika membutuhkan. Diri Anda adalah hal terpenting agar tetap hidup, sehingga harus dijaga dengan baik.

7. Buat Rutinitas yang Menyehatkan

Buat jadwal harian atau mingguan atau bulanan. Tetapkan waktu - waktu tertentu dimana Anda harus berolahraga, refleksi diri, sarapan tepat waktu, minum vitamin, dan lain sebagainya.

Selain hal ini adalah hal baik, rutinitas baik dapat menjaga kesehatan fisik dan mental Anda sekaligus.

8. Fokus Kepada Keluarga

Anak, ayah, ibu, kakek, nenek, kakak atau adik pasti membutuhkan support dan kasih sayang selama melewati masa Pandemi Covid-19. M

eskipun bukan saat Covid-19 pun, mereka juga butuh kasih sayang. Selagi mendapatkan waktu luang di rumah, Anda bisa menggunakannya untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

9. Lakukan yang Membuatmu Bahagia

Anda pasti mengetahui hal-hal apa saja yang membuat Anda bahagia. Entah itu makanan favorit, tempat favorit, atau bersama dengan orang tersayang.

Lakukan apapun yang membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia. Kegiatan tersebut akan membuat jiwa Anda riang gembira dan kesehatan mental pun terjaga.

10. Jika Perlu, Hubungi Psikolog atau Psikiater 

Jika Anda merasa hal-hal di atas tidak cukup membantu atau Anda merasa tidak cukup puas, Anda bisa melakukan kunjungan ke Profesional. Psikolog dan Psikiatri siap membantumu menjaga kesehatan mental.

Dengan menceritakan masalah atau kegundahan, Anda akan dibantu untuk memahami situasi dan dapat menyelesaikannya dengan baik.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Komentar