facebook

Mandi Air Dingin Bantu Orang Gemuk Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Mandi Air Dingin Bantu Orang Gemuk Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?
Ilustrasi mandi air dingin (Freepik)

Studi menemukan mandi air dingin baik untuk orang gemuk ketika ingin menurunkan berat badan.

Suara.com - Sebuah studi menemukan mandi air dingin bisa membantu orang yang kegemukan menurunkan berat badan.

Penelitian menemukan bahwa berada di suhu 4 derajat Celcius bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Pada gilirannya, ini akan membantu orang kegemukan menurunkan berat badan.

Para peneliti telah mencoba membuktikannya dengan melibatkan tikus yang diberi makan tinggi lemak. Beberapa hewan pengerat yang kelebihan berat badan dibiarkan terpapar suhu sekitar 4 derajat Clecius dan lainnya berada di suhu yang lebih panas.

Hasilnya, mereka menemukan paparan suhu dingin membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh obesitas dan meningkatkan penggunaan glukosa darah oleh tubuh untuk mengurangi gula darah.

Baca Juga: Muncul Nyeri di 3 Bagian Tubuh Ini, Waspadai Tanda Kanker Serviks

ilustrasi berat badan, kegemukan(pexels.com/SHVETS production)
ilustrasi berat badan, kegemukan(pexels.com/SHVETS production)

Kemudian, mereka membuktikan bahwa berat badan tikus yang terpapar suhu dingin menurun cukup signifikan dibandingkan tikus yang tidak kedinginan.

Studi mengenai hubungan mandi air dingin dan penurunan berat badan ini dilakukan di Boston, AS yang diterbitkan dalam jurnal Nature Metabolism.

"Paparan suhu dingin mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme pada obesitas," kata Prof Yu-Hua Tseng dikutip dari The Sun.

Karena itu, mereka menyimpulkan bahwa mandi air dingin bagi orang yang bertubuh gemuk bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Pengakuan Marshanda Sembuh dari Kanker Buat Netizen Heran: Kok Cepet Banget Sembuhnya

Komentar