facebook

Jongkok Usai Olahraga Bisa Bikin Varises? Dokter Tirta Ungkap Faktanya

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Jongkok Usai Olahraga Bisa Bikin Varises? Dokter Tirta Ungkap Faktanya
Ilustrasi olahraga lari. (shutterstock)

Ada kepercayaan yang menyebut jongkok usai lari atau olahraga bisa membuat kaki varises. Apakah benar demikian?

Suara.com - Ada kepercayaan yang menyebut jongkok usai lari atau olahraga bisa membuat kaki varises. Apakah benar demikian?

Menjawab pertanyaan ini, dokter Tirta Mandira Hudhi menegaskan jika setelah lari langsung jongkok bisa menyebabkan varises hanyalah mitos belaka.

Varises adalah kondisi pembuluh darah membesar dan timbul, serta paling sering muncul di kaki dan telapak kaki.

Menurut dr. Tirta, alih-alih jongkok setelah berlari, yang menyebabkan varises umumnya disebabkan karena berdiri terlalu lama, akibat vena di pembuluh darah kaki terpompa terlalu lama dan kuat.

Baca Juga: Pekan Depan, Pasar Otomotif Jongkok "Parjo" Bakal Hadir untuk ke-10 Kalinya

Ilustrasi varises dan urat menonjol. (Pexels/ Mike Jones)
Ilustrasi varises dan urat menonjol. (Pexels/ Mike Jones)

"Berdiri terlalu lama otomatis poma pompa ini akan semakin kuat, karena darah berada di bawah karena gravitasi, sehingga membuat pompa-pompa ini muncul satu sama lain memompa ke atas sehingga venanya membesar dan memunculkan varises," jelas dr. Tirta melalui konten Instagram dikutip suara.com, Senin (4/7/2022).

Ia menambahkan, kondisi varises bisa semakin parah jika penderitanya di saat bersamaan mengalami obesitas, alami gejala diabetes ataupun gejala gagal jantung.

"Jika terjadi gejala gagal jantung maka tekanan di jantung akan semakin kuat, otomatis pompa yang di bawah tidak cukup. Oleh karena itu pada diabetes, gagal jantung, dan obesitas pada kedua kakinya itu bengkak," jelasnya.

Adapun solusi untuk mencegah varises akibat berdiri terlalu lama, bisa dilakukan dengan cara menggerakkan kaki, saat kaki sudah merasakan kesemutan setelah terlalu lama berdiri. Tujuannya agar darah tidak semua berkumpul di bawah.

"Jadi tidak harus jika dia selesai olahraga kemudian duduk atau jongkok langsung terkena varises, tetapi jika berdiri terlalu lama atau jongkok terlalu lama yang kemudian kesemutan tapi dibiarkan saja itu bisa menyebabkan varises karena beban yang di bawah jadi lama," tutup dr. Tirta.

Baca Juga: Bukan Karena Telur, Dokter Tirta Jelaskan Penyebab Munculnya Bisul

Komentar