facebook

Selain Brad Pitt, Artis Wanita Ini Juga Didiagnosis Prosopagnosia!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Selain Brad Pitt, Artis Wanita Ini Juga Didiagnosis Prosopagnosia!
Shenaz Treasury menderita prosopagnosia (Instagram/@shenaztreasury)

Seorang artis wanita dari India juga didiagnosis menderita prosopagnosia.

Suara.com - Baru-baru ini, Brad Pitt mengumumkan dirinya memiliki kesulitan mengenali wajah yang dikenal sebagai prosopagnosia.

Selain Brad Pitt, Shenaz Treasury, seorang artis India juga didiagnosis menderita prosopagnosia.

Shenaz mengaku dulunya memiliki masalah dalam mengingat wajah orang, tetapi ia tetap mengingat suaranya.

Dalam unggahan Instagram Stories, Shenaz menceritakan tentang dirinya yang didiganosis prosopagnosia. Hal ini membuatnya mengerti penyebabnya tidak pernah bisa mengenali wajah seseorang.

Baca Juga: Heboh Pria Kena Serangan Jantung Usai Berhubungan Seks, Benarkah Penderita Jantung Lebih Berisiko?

Ia menyebut prosopagnosia ini merupakan gangguan kognitif. Kondisi ini membuatnya selalu merasa malu karena tidak bisa mengenali wajah orang lain.

Shenaz Treasury (Instagram/@shenaztreasury)
Shenaz Treasury (Instagram/@shenaztreasury)

"Tanda dan gejala kebutaan wajah atau prosopagnosia adalah Anda tidak bisa mengenali teman dekat atau anggota keluarga, terutama ketika Anda tidak berharap untuk melihatnya," kata Shenaz dikutip dari Hindustan Times.

Shenaz menggambarkan kondisinya seperti itu. Ia membutuhkan waktu 1 menit untuk mengenali orang di hadapannya. Bahkan, seorang teman dekat yang sudah lama dikenali tapi lama tidak ditemui.

"Anda mengalami kesulitan mengenali tetangga, teman, rekan kerja, klien, teman sekolah. Orang yang Anda kenal mengharapkan Anda mengenali mereka," ujarnya,

Kondisi ini mungkin membuat penderitanya sering menyendiri. Bahkan, banyak penderita melaporkan kehilangan teman dan menyinggung rekan kerja karena mereka gagal mengenali orang lain.

Baca Juga: 6 Posisi Seks yang Dapat Memperbesar Peluang Kehamilan, Mau Coba?

Karena itu, ia pun memohon pengertian orang di sekitarnya bahwa gangguan kognitif ini sangat nyata. Ia tidak bermaksud menyendiri atau sombong.

Sebelumnya, Shenaz memulai debutnya sebagai artis Bollywood melalui film Hindi bersama Ishq Vishk yang dibintangi Shahid Kapoor.

Komentar