facebook

Artis Anne Heche Kecelakaan dan Alami Mati Otak, Apakah Bisa Disembuhkan?

M. Reza Sulaiman | Fajar Ramadhan
Artis Anne Heche Kecelakaan dan Alami Mati Otak, Apakah Bisa Disembuhkan?
Anne Heche Koma Usia Alami Kecelakaan Mobil di Los Angeles. [Antara]

Akibat dari kecelakaan tersebut, Anne Heche mengalami kondisi mati otak. Apakah kondisi ini bisa disembuhkan?

Suara.com - Artis Hollywood Anne Heche, Jumat lalu (5/8/2022) mengalami kecelakaan hebat. Akibat dari kecelakaan tersebut, Anne mengalami kondisi mati otak. Hal ini sendiri dikonfirmasi oleh pihak keluarga Anne.

"Anne Heche menderita cedera otak anoxic yang parah dan tetap koma, dalam kondisi kritis," ucap perwakilan keluarga dan teman-teman Heche, seperti dilansir dari Deadline.

Kondisi Anne yang hingga saat ini masij kritis ini sendiri membuat keluarga juga sudah menerima. Apalagi berdasarkan pemeriksaan dokter kondisinya tidak bisa diselamatkan. Pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada petugas rumah sakit yang sigap menangani pemain film Volcano tersebut.

Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)
Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)

"Kami ingin berterima kasih kepada semua orang atas harapan dan doa mereka yang baik untuk kesembuhan Anne dan berterima kasih kepada staf yang berdedikasi dan perawat luar biasa yang merawat Anne di Grossman Burn Center di rumah sakit West Hills," ucap perwakilan keluarga.

Baca Juga: Balita Nyaris Terjepit Truk Gegara Ulah Emaknya Nyalip, Netizen Murka: Mentang-mentang Otak Gratis Gak Dipake

Untuk menjaga kondisinya itu Anne menggunakan ventilasi untuk membuat dirinya tetap bernapas. Ventilasi tersebut juga yang membantu membuat jantungnya berdetak setelah terhenti akibat mati otak.

Melansir situs kesehatan NHS UK, kondisi mati otak tersebut sama saja mengartikan orang tersebut sudah meninggal. Hal ini karena mati otak menandakan tidak adanya aktivitas organ tubuh, baik bernapas bahkan detal jantung.

Untuk menjaga seseorang tetap hidup sendiri dibutuhkan ventilator agar organ tubuh tetap bekerja. Oleh karena itu, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi masalah yang satu ini. Mati otak sendiri juga bisa terjadi karena berbagai hal di antaranya:

  1. Jantung berhenti seketika serta otak yang kelurangan oksigen.
  2. Serangan jantung akibat suplai darah ke jantung tersumbat.
  3. Stroke akinat terumbatnya darah ke otak.
  4. Adanya pembekuan darah yang mengganggu aliran ke seluruh tubuh.
  5. Adanya cedera atau benturan parah pada bagian kepala.
  6. Pendarahan otak.
  7. Adanya infeksi, seperti ensefalitis.
  8. Tumor otak.

Sebab tidak adanya pengobatan khusus dan dianggap sudah meninggal, biasanya pasien yang mengalami kondisi ini akan diminta untuk melakukan transplantasi organ tubuhnya untuk orang lain. Hal tersebut karena organ tubuhnya masih sehat dan dapat digunakan untuk orang lain yang membutuhkan.

Meskipun demikian kondisi ini sendiri juga harus disetujui oleh pihak keluarga terlebih dahulu. Selain itu, biasanya akan dilakukan tes kematian terlebih dahulu untuk mengonfirmasi apakah pasien benar-benar sudah meninggal dunia atau belum.

Baca Juga: Artis Anne Heche Alami Kecelakaan Hingga Alami Mati Otak, Apa Itu?

Komentar