Sering Sakit Sendi hingga Migrain? Ini Makanan yang Perlu Dihindari!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Sering Sakit Sendi hingga Migrain? Ini Makanan yang Perlu Dihindari!
Ilustrasi makanan (Pxhere.com)

Ada beberapa makanan yang bisa memicu penyakit tertentu.

Suara.com - Makanan yang Anda konsumsi sangat berkaitan erat dengan kondisi kesehatan Anda. Beberapa makanan mungkin bisa memicu penyakit tertentu, seperti migrain.

Karena itu, mengubah pola makan atau menghindari makanan tertentu bisa membantu meringankan penyakit tertentu. Meskipun, setiap orang bereaksi berbeda terhadap makanan.

Lisa Sasson, ahli gizi di New York University, mengatakan bila seseorang mengalami sakit sendi, sebaiknya menghindari minuman bersoda.

Berikut ini dilansir dari The Sun, beberapa makanan yang harus dihindari ketika Anda menderita penyakit tertentu.

Baca Juga: Semakin Kuat, Peneliti dan Dokter Sebut Cacar Monyet Tetap Bisa Menular Meski Tak Bergejala

ilustrasi migrain.[Pexels]
ilustrasi migrain.[Pexels]

1. Migrain

Sakit kepala migrain bisa dipicu oleh gula yang banyak ditemukan dalam minuman bersoda dan makanan yang diproses secara berlebihan, seperti daging olahan.

Alpukat dan pisang termasuk buah yang mengandung tiramin saat terlalu matang. Sehingga tubuh akan bekerja keras memecahnya, yang bisa memicu sakit kepala.

Karena itu, Anda harus menghindari salami, minuman bersoda dan alpukat saat migrain. Lebih baik konsumsi almond, blueberry dan minum air yang banyak.

2. Sakit sendi dan punggung

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Emotional Eating agar Terhindar dari Obesitas

Sakit sendi dan punggung bisa dipicu oleh kebiasaan makan burger daging sapi dan kentang goreng. Karena, makanan olahan dan gorengan itu bisa menyebabkan peradangan.

Karena itu, Anda harus menghindari minuman bersoda, daging dan kentang goreng ketika sakit sendi dan punggung. Lebih baik makan almond, kubis dan salmon.

3. Kelelahan

Kalium adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi normal saraf dan otot. Karena itu, Anda lebih baik makan pisang, kacang-kacangan dan minum air yang banyak ketika kelelahan, daripada minum kopi.

Kacang adalah sumber energi terbaik yang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. Anda justru harus menghindari makanan cepat saji dan permen saat kelelahan.

4. Insomnia

Saat Anda sering mengalami insomnia, sebaiknya hindari minumkopi, alkohol dan makan kue kering. Karena, kafein dapat bertahan berjam-jam dalam sistem tubuh.

Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang mendukung produksi melatonin, yakni hormon pemicu tidur yang meningkat saat matahari terbenam, seperti susu sapi, salmon dan kiwi.

5. Kembung

Kembung sering kali merupakan reaksi terhadap makanan yang kita konsumsi. Jika tidak toleransi, penyebab utamanya biasanya laktosa (susu) atau gluten (gandum).

Makanan yang sulit dicerna tubuh bisa menyebabkan kembung, termasuk kacang-kacangan yang tinggi serat. Anda lebih baik konsumsi semangka, stroberi dan tahu ketika mengalami perut kembung.

Komentar